• Home
  • Nasional
  • Seminar Membangun Semangat Ekspor, Nyat Kadir Sebut Batam Wilayah Strategis

Seminar Membangun Semangat Ekspor, Nyat Kadir Sebut Batam Wilayah Strategis

Rabu, 01 November 2023 | 14:51
BATAM, RIAUGREEN.COM - BP Batam menjadi kawasan khusus di Indonesia yang terkenal dengan perdagangan bebas. Dampaknya, pertumbuhan ekonomi di Batam mengalami peningkatan yang cukup pesat.

“Peningkatan ekonomi di Batam bahkan pernah mengalahkan Indonesia. Ini menjadi contoh bahwa Batam berhasil dari segi perekonomian,” kata Anggota Komisi VI DPR RI Dapil Kepri, Drs H Nyat Kadir di sela sela
 seminar 'Membangun Semangat Eksport untuk Peningkatan Ekonomi Nasional'  di Sahid Hotel, Rabu (1/11/2023).

Seminar ini bekerjasama antara Komisi VI DPR RI dengan BP Batam yang dihadiri pelaku UMKM dan masyarakat. Kegiatan sosialisasi itu dihadiri  Direktur Pelayanan Lalu Lintas Barang dan Penanaman Modal BP Batam, Surya Kurniawan Suhairi sebagai nara sumber.

Nyat Kadir mengatakan, pada tahun 2022 laju pertumbuhan ekonomi Batam melebihi pertumbuhan ekonomi nasional, dengan mencatatkan pertumbuhan 6.84 persen. Sedangkan nasional, 5,03 persen.

Kondisi ini juga tidak lepas dari keistimewaan Batam sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB). Batam juga memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

"Ini merupakan satu-satunya di Indonesia," katanya.

Selain itu, Batam juga didukung oleh infrastruktur dan kebijakan yang mendukung tumbuhnya iklim investasi.

"Pulau Batam menjadi wilayah strategis sebagai pintu perdagangan internasional bagi Indonesia. Potensi ini akan terus dikembangkan Indonesia untuk memajukan ekonomi nasional", ujarnya.

tempat yang sama, Direktur Pelayanan Lalu Lintas Barang dan Penanaman Modal BP Batam, Surya Kurniawan Suhairi
mengatakan BP Batam terus berbenah dalam menjalani peran vital membangun Kota Batam. Hal ini menjadikan kawasan ini terus melaju menuju kota industri yang diperhitungkan di Indonesia saat ini.

“Batam memiliki daya tarik tersendiri sebagai wilayah dengan berbagai potensi investasi baik dengan status sebagai perdagangan bebas maupun sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK). Dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung bagi investor,” paparnya.

Dia mengatakan dengan banyaknya perusahaan internasional yang membuka cabang di Batam tentu memberikan dampak positif bagi iklim investasi dan kegiatan ekspor serta memungkinkan terjadinya kerjasama untuk mendorong ekspor Kota Batam.


“Sehingga tidak berlebihan rasanya jika kami menyebut Kota Batam sebagai primadona investasi di wilayah Indonesia bagian Barat,” imbuhnya.

Dia menambahkan kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap pertumbuhan perekonomian nasional.

“Pertemuan ini diharapkan mampu memberikan informasi terkini. Pandangan-pandangan baru serta ide-ide inovatif terkait ekspor Indonesia. Khususnya upaya strategis yang telah diterapkan di kota Batam. Karena sesuai  data dari Kementerian Investasi BKPM, Batam telah berkontribusi 75% terhadap ekonomi Kepulauan Riau pada tahun 2022. Besarnya peran Batam dalam ekspor Kepri tidak luput dari gencarnya kegiatan promosi yang dilakukan BP Batam,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Kepala BP Batam, Purwiyanto melalui rekaman video. 

Dia mengatakan Batam berkembang menjadi daerah industri perkapalan, perdagangan dan pariwisata. Secara progresif dalam 50 tahun terakhir.


Untuk meningkatkan ekosistem investasi yang bermuara pada pertumbuhan ekonomi, kata Purwiyanto, pemerintah pusat telah menata Batam, Bintan, dan Karimun (BBK) sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) terintegrasi.

“Ini menjadi angin segar bagi para investor asing dan meningkatkan nilai tambah Batam,” katanya. 

Sejalan dengan peran Batam sebagai gerbang internasional di Indonesia bagian Barat, sambung Purwiyanto, BP Batam telah membuat rencana besar untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas infrastruktur di Kota Batam yang meliputi jalan, pelabuhan hingga bandara. 

“Sehingga nantinya Kota Batam memiliki daya saing tinggi dan sesuai dengan permintaan pasar global,” pungkasnya.(*)

BERITA LAINNYA
Naik Pangkat, Empat Perwira Polri Pecah Bintang
Senin, 26 Februari 2024 | 22:45
Kompolnas Dukung Kenaikan Gaji Anggota Polri
Rabu, 31 Januari 2024 | 20:23
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top