• Home
  • Nasional
  • Wujud Transparansi BI, Luncurkan 3 Laporan Sekaligus

Wujud Transparansi BI, Luncurkan 3 Laporan Sekaligus

Rabu, 26 Januari 2022 | 14:05
mcr
JAKARTA, RIAUGREEN.COM - Bank Indonesia (BI) meluncurkan publikasi tiga laporan sekaligus yang terdiri dari Laporan Perekonomian Indonesia, Laporan Tahunan BI, dan Laporan Ekonomi Keuangan Syariah Indonesia. 

Tiga peluncuran tersebut, selain merupakan bentuk transparansi dan akuntabilitas, juga merupakan wujud sinergi yang erat antar otoritas untuk menopang stabilitas ekonomin dan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Itu juga merupakan wujud kuatnya transparansi dan akuntabilitas BI sebagai amanat Undang-undang Bank Indonesia. 

Tiga laporan itu diluncurkan langsung oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo. "Dengan rahmat Allah SWT, dengan bangga kami luncurkan Laporan Perekonomi Indonesia, Laporan Tahunan BI, dan Laporan Ekonomi Keuangan Sayairah Indonesia Tahun 2021. Semoga ini menjadi kontribusi nyata BI untuk negara dan masyarakat," kata Perry saat meluncurkan, Rabu (26/1/2022). 

Dalam sambutannya, Perry mengatakan bahwa peluncuran tersebut adalah wujud nyata dari BI, yaitu memperkuat tata kelola BI. Dalam sejarahnya, ini merupakan pertama kali BI meluncurkan tiga laporan publikasi sekaligus. 

Tidak hanya sebagai wujud nyata dari komitmen BI terhadap Pasal 58 Undang-undang Bank Indonesia, Perry menyebutkan ini juga perwujudan dari komitmen BI untuk melakukan pembaharuan maupun transformasi. 

Tata kelola kelembagaan adalah independensi, koordinasi, transparansi, dan akuntabilitas, menurutnya hal itu menjadi dasar kekuatan dalam lembaga. 

"Itulah kekuatan BI, kami memang independen, tapi BI terus melakukan sinergi kolaborasi dengan pemerintah dan berbagai pihak," jelas Perry.

Lebih dari itu, BI juga diperkuat dengan transparansi dan akuntabilitas. Tidak hanya sebagai wujud tata kelola, BI memandang transparansi dan akuntabilitas sangat penting sebagai wujud instrumen kebijakan. 

"Semakin kita transparan dan semakin kita akuntabilitas, maka semakin kita dipahami oleh mitra-mitra kita tentang apa yang kita pikirkan, apa yang kita rencana hingga apa yang kita lakukan," terangnya.

"Independensi, koordinasi, transparansi dan akubtabilitas itulah wujud transpormasi yg sangat kuat kami lakukan, ini komitmen kami untuk terus maju," sambung Perry. 

Peluncuran ini juga dihadiri secara virtual oleh Pl. Asisten II Setdaprov Riau, Aryadi dari Ruangan kerjanya di Kantor Gubernur Riau. (mcr)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top