• Home
  • Nasional
  • BIN Sebar 15 Ribu Vaksin Khusus Santri Ponpes-Pelajar Umum di 7 Provinsi

BIN Sebar 15 Ribu Vaksin Khusus Santri Ponpes-Pelajar Umum di 7 Provinsi

Selasa, 27 Juli 2021 | 15:11
dtc
RIAUGREEN.COM - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan meninjau vaksinasi COVID-19 untuk santri dan pelajar di Yayasan Madrasah Tanwiriyyah, Cianjur, Jawa Barat (Jabar). Vaksinasi untuk santri ini juga digelar di tujuh provinsi.

Budi Gunawan mengatakan program vaksinasi COVID-19 ini dilaksanakan atas instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi). BIN akan menggelar vaksinasi untuk santri di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

"Untuk di tujuh provinsi Indonesia, kami sebarkan 15.000 vaksin dan 15.000 sembako beserta vitamin. Yang dikhususkan untuk pondok pesantren (ponpes), tsanawiyah, pelajar SMP dan SMA, door to door vaksin, serta bantuan sosial (bansos)," ujar Budi saat di Yayasan Madrasah Tanwiriyyah, Senin (26/7/2021).

Dia menjelaskan anak-anak merupakan salah satu target utama dalam pemberian vaksin COVID-19. Sebab, tingkat penularan COVID-19 cukup tinggi di kalangan anak-anak.

"Hal tersebut dilakukan untuk menekan angka kenaikan COVID-19 juga di kalangan anak-anak," ucapnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan vaksin mampu mencapai herd immunity seseorang supaya mencegah penularan COVID-19. Selain itu, kegiatan ini merupakan akselerasi dari program vaksinasi tiga juta dosis per hari yang digalang pemerintah.

"Diharapkan, program vaksinasi pemerintah bisa mengapai target, sehingga target herd immunity atau kekebalan komunal pun bisa mencapai 70 persen, pada akhir tahun 2021 nanti," kata Budi.

Dalam kesempatan itu, BIN turut membagikan paket sembako kepada masyarakat yang ada di Desa Karang Tengah, Cianjur. Menurut Budi, paket sembako ini sekaligus untuk meringankan beban masyarakat di masa PPKM Level 4.

"Bagi para penerima, kami harapkan bantuan ini bisa bermanfaat, bagi dirinya dan keluarga. Karena di kondisi seperti ini, bantuan pun sangatlah penting untuk mereka," tutur Budi Gunawan.

Secara terpisah, Kepala Yayasan Madrasah Tanwiriyyah Cianjur, KH Deden Tanwiri, mengaku senang lantaran ponpesnya dipilih sebagai lokasi vaksinasi bagi kalangan anak-anak. Selain anak-anak binaannya, masyarakat di sekitar ponpes ikut divaksinasi.

"Santri kami ada sekitar 600 santri, sedangkan sisanya dari ponpes dan madrasah yang ada di sekitar wilayah Kecamatan Karang Tengah," jelas Deden.(detik.com)

loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top