• Home
  • Meranti
  • Stok Hewan Kurban di Kabupaten Kepulauan Meranti Aman, Kesehatan Hewan Akan di Cek Minggu Ini

Stok Hewan Kurban di Kabupaten Kepulauan Meranti Aman, Kesehatan Hewan Akan di Cek Minggu Ini

Rabu, 07 Juni 2023 | 14:49
Meranti - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kepulauan Meranti memperkirakan stok hewan kurban hari raya idul adha 1444 H/ 2023, cukup dan ketersediaan aman .

Kepala dinas ketahanan pangan dan pertanian Ifwandi,SP melalui kepala bidang Peternakan Herman,SP saat dikonfirmasi, Rabu ( 7/6/23) mengatakan dibanding tahun lalu stok hewan kurban mengalami kenaikkan jumlah .pada tahun 2022 stok hewan kurban berjumlah 928 Pada tahun ini stok hewan kurban mencapai 1.039 ekor .

"Ketersedian hewan kurban saat ini mencapai 1.039 ekor terdiri dari sapi dan kambing, sedangkan Kebutuhan hewan kurban di hari raya idul adha 1444 H / 2023 M, diprediksi mencapai 928 ekor sapi dan kambing , secara jumlah ketersedian hewan kurban tahun ini aman" ujarnya 

Saat ditanyai tentang kesehatan hewan kurban ia menyampaikan tim pemeriksa kesehatan hewan kurban sudah dibentuk dan akan segera turun kelapangan.

"Jelang hari raya idul adha ini tim pemeriksa kesehatan hewan kurban yang sudah dibentuk akan melakukan pengawasan dan pengecekan kesehatan hewan secara fisik baik kulit, gigi, mata, hidung, mulut, kuku dan lain lain. Dijadwalkan minggu ini tim akan turun memeriksa semua hewan kurban" tuturnya 

Tim kesehatan akan langsung memantau terkait kewaspadaan penyakit hewan menular strategis (PHMS) antara lain penyakit mulut dan kuku (pmk), lumpy skin disease (LSD), jembrana, antraks dan penyakit hewan lainnya.

"Setelah pemeriksaan nanti hewan yang layak di kurban akan diberikan label dan surat keterangan hasil pemeriksaan oleh tim pemeriksa kesehatan hewan kurban"ujarnya 

Selain mengecek kesehatan fisik hewan qurban sebelum hari raya idul adha, tim kesehatan juga akan kembali turun pada hari raya Idul Adha untuk langsung memantau dan memeriksa hewan yang sudah dipotong.

"Pada saat pemotongan hari raya Idul Adha, oleh tim akan kembali turun untuk memeriksa kesehatan hewan kurban yang disudah dipotong yaitu memeriksa post mortem (paru, jantung, hati, limfa, dan ginjal)"tutupnya. (Heru)

BERITA LAINNYA
Penindakan 19.800 Kg Mangga Ilegal
Kamis, 14 Maret 2024 | 11:19
Plt Bupati Asmar Lantik 8 Pejabat Eselon II
Senin, 08 Januari 2024 | 13:51
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top