• Home
  • Meranti
  • Kapolres Kepulauan Meranti Pimpin Apel Akbar Bhabinkamtibmas

Kapolres Kepulauan Meranti Pimpin Apel Akbar Bhabinkamtibmas

Rabu, 13 Oktober 2021 | 18:43
SELATPANJANG, RIAUGREEN.COM - Polres Kepulauan Meranti, Riau, melaksanakan Apel Akbar Bhabinkamtibmas di Mapolres setempat, Rabu (13/10/2021) pagi. 

Apel dipimpin Kapolres AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, dihadiri Wakapolres Kompol Robet Arizal SSos, perwakilan dari Dit Binmas Polda Riau, Kompol Agung Tri Adiyanto SIK MH dan Bripka Delpa, Kabag Ops Polres Kepulauan Meranti, AKP Yudi Setiawan SH MH, Kabag Sumda, AKP Eddy Renhar, Kabag Ren, AKP Ali Azar SSos, para kasat dan perwira serta seluruh personil Polres Kepulauan Meranti. 

Kapolres dalam sambutannya membacakan amanat dari Dir Binmas Polda Riau, Kombespol Drs Kris Pramono, bahwa dalam pelaksanaan Apel Akbar Bhabinkamtibmas Polda Riau yang di selenggarakan oleh Polres Kepulauan Meranti, merupakan perintah dari Kapolda Riau kepada Dir Binmas agar Bhabinkamtibmas mempunyai ilmu pengetahuan dan keterampilan (skill) dalam melaksanakan tugas di lapangan. 

Sambungnya, karena Bhabinkamtibmas merupakan garda terdepan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di desa atau kelurahan tempat bertugas, serta Bhabinakmtibmas selalu hadir di tengah masyarakat dalam melaksanakan DDS (door to door system) serta pemecahan masalah sosial (social problem solving) dan deteksi dini yang terangkum dalam perkap kapolri No 7 Tahun 2021 tentang Bhabinkamtibmas pengganti Perkap No 3 Tahun 2015 tentang Polmas.

"Diharapkan para Bhabinkamtibmas yang profesional, modern, dan terpercaya, merupakan pondasi yang kuat untuk menjalankan tugas pokok tersebut dan modal dasar Bhabinkamtibmas untuk melakukan pendekatan sosial (social approach) seperti berkomunikasi yang didalamnya dibekali dengan kemampuan bertanya, menjelaskan dan mengamati lingkungan sosial dan keluhan-keluhan masyarakat sebagai bagian dari permasalahan sosial antara lain yang sering terjadi adalah Intoleransi beragama baik inter maupun antar umat Beragama yang akan menjadi pemicu adanya konflik sosial," sebutnya.

Selanjutnya, dalam kesempatan ini ada beberapa penekanan yang harus dilaksanakan oleh Sat Binmas dan Bhabinkamtibmas Polres jajaran, yaitu, tetap laksanakan penegakan prosedur kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, laksanakan kegiatan testing,tracing dan treatment dengan sepenuh hati, dan gelorakan kegiatan vaksinasi massal untuk mencapai herd imunity terhadap virus Covid- 19.

"Dalam melaksanakan kegiatan agar Bhabinkamtibmas melaporkan melalui aplikasi dashboard Lancang Kuning, Aplikasi bersama Selamatkan Riau, aplikasi Bos V2, yang langsung dimonitor oleh Mabes Polri, Polda Riau dan Polres, sehingga diharapkan dengan tingginya kinerja Bhabinkamtibmas menjadi Kredit Poin tersendiri untuk mendapatkan perhatian dan reward dari pimpinan, dan pimpinan sangat bangga dan berterimakasih atas kinerja Bhabinkamtibmas yang tidak pernah berhenti membantu khususnya dalam masa pandemi Covid-19. Bhabinkamtibmas menjadi Tracer Covid-19 guna pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah tugas masing-masing," ungkapnya.

Usai apel juga dilakukan pengecekan terhadap Ranmor Bhabinkamtibmas oleh Kapolres didampingi oleh Para Pehabat utama (PJU) Polres Kepulauan Meranti serta perwakilan dari Dit Binmas Polda Riau. (Nik)

BERITA LAINNYA
Penindakan 19.800 Kg Mangga Ilegal
Kamis, 14 Maret 2024 | 11:19
Plt Bupati Asmar Lantik 8 Pejabat Eselon II
Senin, 08 Januari 2024 | 13:51
APBD Meranti 2024 Disahkan Rp 1,3 Triliun
Rabu, 29 November 2023 | 18:49
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top