SINGAPURA – Media OutReach – NEFIN Group, pengembang dan investor terkemuka dalam solusi netralitas karbon di Asia, bermitra dengan Snakepit-BP LLP (Snakepit) dan Echo Base-BP Capital Pte Ltd (Echo Base), keduanya merupakan perusahaan patungan Boustead Projects Limited (Boustead Projects), untuk membangun instalasi surya pertama Razer Inc (Razer) di Kantor Pusat Asia Tenggara (Razer SEA HQ) di Singapura.

Dirancang dengan prinsip keberlanjutan, kantor pusat Razer di Asia Tenggara dikembangkan oleh Snakepit dan dikelola oleh Echo Base, dan telah memenangkan Green Mark Super Gold Award dari Building and Construction Authority of Singapore.

Menurut rencana keberlanjutan 10 tahun #GoGreenWithRazer Razer, merek gaya hidup gamer terkemuka di dunia, Razer memiliki visi untuk memindahkan seluruh operasinya ke energi terbarukan 100% pada tahun 2025 dan menjadi sepenuhnya netral karbon pada tahun 2030. Melalui tata surya yang baru dipasang, proyek ini mengintegrasikan energi terbarukan ke dalam operasi sehari-hari Razer di Singapura, menjadikan energi terbarukan sebagai fondasi integral dari bisnisnya, sehingga mendukung tujuan keberlanjutan Razer.

Bisnis NEFIN dimulai di Hong Kong pada tahun 2014, dan tim NEFIN serta usaha patungan telah mengembangkan lebih dari 3.000 MW proyek pembiayaan tenaga surya dan hijau di kawasan Asia Pasifik. Sebagai penyedia solusi energi terbarukan satu atap, perusahaan multinasional dapat menyederhanakan proses pengurangan karbon. Sejalan dengan ekspansi grup di kawasan Asia-Pasifik, NEFIN mendirikan kantor pusat regionalnya di Singapura tahun lalu.

Kolaborasi ini akan melibatkan pemasangan 380 panel surya dipasang di atap kantor pusat Razer Asia Tenggara di 1 One-North Crescent. Sistem ini akan menghasilkan energi 256.000 kWh per tahun dan mengurangi emisi karbon dioksida sekitar 3.600 ton, setara dengan menanam 59.976 pohon atau memberi daya pada 609 rumah.

Sensor dipasang pada setiap panel surya dalam sistem untuk mengukur fluktuasi radiasi matahari dan mengumpulkan data ilmiah tentang kinerja sistem. Data yang dikumpulkan dapat digunakan untuk analisis dan pengembangan sistem pemantauan pembangkit energi surya canggih. Dengan pengalaman luas NEFIN dalam tata surya atap komersial dan industri, proyek ini memberikan solusi yang dipikirkan dengan matang, menjadikan kantor pusat Razer di Asia Tenggara sebagai model untuk pengembangan yang efisien dan hemat energi.

“Sebagai bagian dari komitmen kami untuk memberikan solusi real estat berkelanjutan terbaik di kelasnya dan mengembangkan bangunan pintar, kami bangga bermitra dengan NEFIN untuk memasang tata surya di kantor pusat Razer di Asia Tenggara, mendukung transisi Razer ke energi hijau dan meningkatkan Efisiensi Energi Nilai dan tujuan pengembangan nilai berkelanjutan bersama kami mengarah pada kolaborasi ini, yang diharapkan memiliki dampak positif terhadap lingkungan sekaligus mendukung visi keberlanjutan Razer,” kata Bryan Lim, Managing Director Echo Base.

“NEFIN bangga bermitra dengan Boustead Projects dan Razer. Komitmen mereka terhadap masa depan yang berkelanjutan sejalan dengan salah satu tujuan ESG NEFIN – membantu klien mencapai tujuan bisnis dan keberlanjutan mereka. Sebagai warga negara Singapura, kami Dengan senang hati mewakili NEFIN dalam Rencana Hijau Singapura 2030, yang memperkuat pentingnya usaha Singapura untuk mencapai netralitas karbon. Kolaborasi ini juga merupakan tonggak sejarah bagi NEFIN untuk memasuki pasar energi terbarukan Singapura dan berkembang lebih jauh di Asia Tenggara . NEFIN percaya bahwa masa depan dunia adalah tanggung jawab Semua Orang dan bekerja untuk mendefinisikan kembali batasan energi untuk masa depan yang berkelanjutan,” terang Clara Kwan, COO dari NEFIN Group.

“Kemitraan ini sangat berarti, tidak hanya untuk pemasangan tata surya di kantor pusat Razer di Asia Tenggara, tetapi juga bagi tiga perusahaan yang bekerja sama untuk berkomitmen melindungi lingkungan dan planet ini melalui solusi inovatif. Kami dengan tulus berterima kasih kepada NEFIN dan Boustead Projects karena mendukung visi #GoGreenWithRazer kami untuk memastikan bahwa planet ini tetap menjadi tempat yang dapat terus kami huni,” pungkas,” pungkas Min-Liang Tan, CEO dan co-founder Razer, Kamis (12/5/2022).

Rencana NEFIN di masa depan di Singapura termasuk bermitra dengan Tuas Power untuk menawar tender HDB Solar Leasing of Grid-Tied Solar Photovoltaic System (SolarNova Phase 7). Dengan dukungan lebih banyak proyek lokal, perusahaan akan terus mendorong netralitas karbon bagi perusahaan Singapura.