HONG KONG SAR, RIAUGREEN.COMMedia OutReach – Hong Kong Polytechnic University (PolyU) secara aktif berpartisipasi dalam program baru, InnoHK Clusters, yang diluncurkan oleh Pemerintah Daerah Administratif Khusus Hong Kong untuk mendukung pembangunan Hong Kong sebagai negara global pusat kerjasama penelitian ilmiah.

PolyU telah bergabung dengan lembaga terkemuka dunia untuk mengembangkan pusat penelitian di bawah dua kelompok penelitian yang baru didirikan, yaitu AIR@InnoHK (berfokus pada kecerdasan buatan dan teknologi robotika) dan Health@InnoHK (berfokus pada teknologi terkait perawatan kesehatan), dalam upaya untuk menyatukan para peneliti terkemuka dari seluruh dunia dunia untuk melakukan penelitian kolaboratif yang berdampak di Hong Kong.

PolyU berhasil menerima dana dari proyek InnoHK untuk mendirikan tiga pusat penelitian kelas dunia di Hong Kong Science Park, termasuk Laboratorium untuk Kecerdasan Buatan dalam Desain ( AiDLab), Pusat Keandalan Produk dan Keamanan Sistem (CAiRS), dan Pusat Penelitian Mata dan Penglihatan (CEVR). Tiga pusat penelitian ilmiah juga telah dioperasikan satu demi satu.

Selain itu, PolyU juga telah menjadi organisasi mitra lokal pertama dari “Pusat Kecerdasan Buatan dan Robotika, Institut Sains & Inovasi Hong Kong, Akademi Ilmu Pengetahuan China. Institute of Automation of the Chinese Academy of Sciences (CAS) mendirikan pusat inovasi ini pada platform AIR@InnoHK. PolyU dan Chinese Academy of Sciences telah menjalin hubungan kerjasama yang erat untuk waktu yang lama.

Berdasarkan landasan kerjasama yang ada, kedua pihak akan lebih mengembangkan penelitian mutakhir dalam ilmu data dan kecerdasan buatan. Kerjasama penelitian ilmiah yang mendalam dan kegiatan pertukaran akademik untuk bersama-sama mempromosikan pengembangan industri cerdas.

“Inovasi dan teknologi selalu menjadi elemen penting dalam mendorong pembangunan ekonomi. Dengan pesatnya perkembangan industri negara dan Greater Bay Area, ini adalah kekuatan pendorong untuk inovasi dan teknologi. Dengan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya, Hong Kong akan memainkan peran yang lebih penting dalam proses inovasi dan teknologi negara. PolyU telah memasuki dua platform inovasi utama InnoHK melalui kerjasama dengan dunia -universitas-universitas terkenal, berharap untuk saling memberikan manfaat akademis dan berkontribusi pada penelitian yang relevan. Penelitian menciptakan terobosan, mencapai penelitian ilmiah yang berpengaruh, mendorong pembangunan ekonomi, dan memberi manfaat bagi masyarakat,” jelas Profesor Wong Wing Tak, Wakil Presiden dan Rektor PolyU, dalam rilisnya, Selasa (12/10/2021).

Ke depan, PolyU akan terus mempromosikan proyek penelitian ilmiah yang luas dan bekerja sama dengan lembaga penelitian terkemuka dunia, mitra industri dan pemerintah untuk menanggapi perubahan kebutuhan masyarakat dan berkontribusi pada platform inovasi masa depan InnoHK.

Untuk detail lebih lanjut tentang InnoHK, silakan kunjungi: https://www.itc.gov.hk/en/technological_infrastructure/innohk_clusters.html