Dampak Perubahan Iklim, Makhluk Hidup Terancam Punah

Jumat, 22 April 2022 | 20:39
RIAUGREEN.COM - Perubahan iklim menjadi masalah global yang harus segera diatasi. Dampak perubahan iklim tidak hanya mengenai lingkungan, namun juga kehidupan di muka Bumi. Apa saja dampak perubahan iklim'

Dilansir dari European Comission, berikut adalah dampak perubahan iklim:

1. Gunung es mencair

Gunung es yang mencair terjadi akibat pemanasan global. Tingginya suhu permukaan Bumi saat ini membuat es di kutub terus mencair.

Akibat dari gunung es yang mencair adalah meningkatnya permukaan air laut yang menyebabkan banjir skala besar dan erosi di pesisir dan dataran rendah.

2. Cuaca ekstrem

Cuaca ekstrem muncul akibat meningkatnya tekanan udara di wilayah yang jauh dari garis khatulistiwa. Tekanan ini meningkat akibat meningkatnya suhu Bumi sebagai dampak dari pemanasan global.

Hasilnya, cuaca ekstrem akan menghasilkan durasi dan volume hujan yang lebih deras, serta musim dingin yang lebih lama. Sebaliknya, musim panas juga akan berlangsung lebih lama dengan suhu yang lebih panas.

Hal ini juga akan berpengaruh terhadap kualitas air dan membahayakan cadangan air bersih yang tersedia untuk kehidupan manusia. Bahkan, beberapa wilayah mungkin akan mengalami kekeringan yang panjang.

3. Risiko terhadap kesehatan

Terdapat dua dampak yang bisa timbul akibat perubahan iklim pada kesehatan manusia:

- Meningkatnya kematian akibat cuaca terlalu panas atau terlalu dingin
- Meningkatnya penyakit yang ditularkan melalui air

4. Kerugian ekonomi

Perubahan iklim membuat perubahan besar-besaran dalam infrastruktur. Hal ini menyebabkan kerugian ekonomi, terutama pada sektor yang dipengaruhi curah hujan, seperti pertanian, perhutanan, energi, dan pariwisata.

5. Makhluk hidup terancam punah

Berbagai spesies tumbuhan dan hewan berusaha bertahan hidup melawan perubahan iklim yang terjadi tanpa kontrol. Tidak hanya di darat, berbagai hewan di perairan juga harus beradaptasi untuk bertahan hidup. Jika tidak segera diatasi, maka spesies-spesies yang rentan akan punah.

Itu dia dampak perubahan iklim yang telah terjadi dan akan terjadi jika kita tidak segera melakukan aksi untuk memperbaikinya. Jadi, sebelum kondisinya semakin parah, apa kamu mau untuk menyelamatkan bumi kita'

source; kompas.com


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top