• Home
  • Inhil
  • Disdagri Inhil Larang SPBU Menjual Pertalite Menggunakan Jerigen

Disdagri Inhil Larang SPBU Menjual Pertalite Menggunakan Jerigen

Jumat, 13 Mei 2022 | 20:56
INHIL,- Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagtri) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Dhoan Dwi Anggara mengimbau bagi perusahaan lembaga penyalur BBM, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), agar tidak melayani pembelian pertalite dengan menggunakan jerigen.

Hal itu tertuang dalam surat Disdagtri Inhil yang ditandatangani bulan April 2022 lalu.

"Pelarangan itu sehubungan dengan perubahan status pertalite dari Jenis BBM Umum (JBU) menjadi Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) dan mengacu pada undang-undang, peraturan Presiden dan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral," ujar Dhoan.

Artinya, dalam penyaluran pertalite kepada konsumen, SPBU sebagai lembaga penyalur dilarang melayani pembelian pertalite dengan jerigen atau drum yang digunakan untuk diperjualbelikan kembali oleh pengecer.

"Apabila dalam pelaksanaan dilapangan masih ditemukan pelayanan yang tidak sesuai ketentuan tersebut, akan dilakukan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku," paparnya.

Ia menjelaskan bahwa badan usaha penyalur dalam hal ini Pertamina hanya dapat menyalurkan bahan bakar kepada pengguna langsung. Terutama untuk sektor transportasi dan kebutuhan bahan bakar rumah tangga, bukan untuk dijual kembali.

"Sudah menjadi bagian tanggung jawab perusahaan untuk menyalurkan JBKP Pertalite dengan tepat sasaran sehingga dapat dinikmati masyarakat yang berhak," ujarnya. (Ms)

BERITA LAINNYA
OTK Tikam Seorang Kakek di Tembilahan
Jumat, 27 Mei 2022 | 16:49
Begal di Inhil Ancam Korban Pakai Parang
Selasa, 17 Mei 2022 | 19:34
BERIKAN KOMENTAR
Top