• Home
  • Inhil
  • Kapolres Inhil: Kateman Luar biasa!

Kapolres Inhil: Kateman Luar biasa!

Minggu, 11 Juli 2021 | 20:00
INHIL, RIAUGREEN.COM " Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan, S.IK, M.Hum bersilaturahmi dengan jajaran Mapolsek Kateman dan tokoh masyarakat di Kantor Mapolsek Kateman, Kelurahan Tagaraja, Kecamatan Kateman, Inhil, Minggu (11/7/21).

Kegiatan digelar sederhana dan terbatas di Halaman Kantor Mapolsek dan dihadiri Unsur Forkopimcam Kateman, Lembaga Kerukunan Paguyuban Nasional, para lurah dan kades di Kecamatan Kateman serta perwakilan PT. Pulau Sambu Group.

Selain bertemu perwakilan masyarakat, Kapolres sekaligus meresmikan beberapa kegiatan yang diselenggarakan di wilayah Mapolsek Kateman, yaitu, peresmian Mapolsek Kateman yang dibangun oleh PT. Pulau Sambu Group.

AKBP Dian juga secara resmi menyerahkan kunci bedah rumah yang inisiasi oleh Personil Polsek Kateman bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Tanjung Raja.

Dalam arahannya, Kapolres Inhil mengajak seluruh elemen masyarakat Kecamatan Kateman untuk mempertahankan kekompakan dan situasi kamtibnas yang kondusif selama ini ditengah situasi masyarakat yang heterogen.

“Luar biasa kateman. Saya ucapkan terimakasih, forkopimcam bersama tokoh masyarakat telah menciptakan situasi kondisif. Alhamdulillah semuanya bisa hidup rukun. Peran tokoh masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan sangat bagus, kita mengedepankan itu. Dengan pola itu semua bisa hidup berdampingan tidak ada perbedaan, kita adalah satu Indonesia,” ungkap Kapolres dalam sambutannya.

Kapolres juga mengapresiasi kinerja Satgas Covid 19 Kecamatan Kateman yang terus menerus mengedukasi masyarakat dan melakukan upaya penanganan di sejumlah pintu masuk perairan Kecamatan Kateman.

“Terimakasih Satgas Covid 19, sampai hari ini angka covid nihil disini. Tolong dipertahankan status hijau ini, karena Riau sempat mengalami lonjakan meskipun Inhil masih relatif kecil,” ujar Kapolres.

Menurut Kapolres, upaya penanganan covid 19 di Kecamatan Kateman tidak sesulit daerah yang bisa diakses dengan segala moda transportasi, pengetatan pengawasan bisa dilakukan di sejumlah pintu masuk pelabuhan yang ada.

“Tugas kita mempertahankan. Kateman ini pulau tersendiri, lebih enak mengendalikannya dengan pemeriksaan satu pintu di pelabuhan untuk mengontrol peredaraan covid 19, disitu satgas bermain,” ujar Kapolres.

Menyambut momen Hari Raya Idul Adha yang tinggal menghitung hari, Kapolres juga mengingatkan Satgas dan masyarakat untuk waspada dan tidak lengah dalam mempertahankan zona hijau di Kecamatan Kateman.

“Sekarang Inhil zona orange sehingga kegiatan ibadah Idul Adha ditiadakan. Kalau disini (Kateman) zona hijau, tergantung Forkompinda untuk mengatur teknis pelaksanaan indah qurban sesuai prokes. Mungkin pembagian setelah di potong, bisa door to door untuk memutus mata rantai covid 19,” pesan Kapolres.

Perihal vaksinasi, Kapolres mengintruksikan untuk memprioritaskan masyaraka Lanjut usia sebagai kelompok rentan terhadap covid 19. Sekitar 11 persen adalah masyarakat  kelompok lansia yang positif, persentasinya dari 100 persen memang kecil tapi angka kematian akibat covid pada lansia ini sangat mendominasi, yaitu, 57 persen.

“Ini faktanya sehingga lansia harus diprioritaskan. Apabila kedepan ada pengiriman vaksin kembali, Kateman termasuk akan kita dahulukan setelah melihat antusisme masyarakatnya terhadap vaksin,” ucap Kapolres.

Terakhir Kapolres mengajak masyarakat yang belum di vaksin untuk segera mengikuti vaksinasi yang digelar berikutnya, dan tetap menjaga prokes secara ketat meskipun bagi masyarakat yang sudah divaksin.

“Vaksin aman dan halal serta terbukti bisa melindungi dan membuat penyembuhan lebih cepat bagi yang terpapar covid 19. Seluruh anggota Polres sudah di vaksin, Alhamdulillah berkhasiat dalam menunjang kinerja dilapangan yang harus kontak erat dalam penanganan covid di lapangan. Saya tenang seluruh sudah divaksin, apabila terpapar tinggal isolasi mandiri selama 4 hari, sembuh,” pungkas Kapolres.

Setelah sambutannya, Kapolres Inhil menyerahkan secara simbolis puluhan bantuan sosial paket sembako kepada masyarakat bersama Kasat Polairud AKP Rizky Hidayat, Kasat Lantas AKP Lassarus Sinaga, Kasat Intel AKP Aang Kusmawan, Kapolsek Kateman Kompol Afrizal, Camat Kateman M. Kamren dan Danramil 06/ Kateman Kapt Inf Iwan Andoko.

Kapolres juga berkesempatan memberikan penghargaan kepada pihak perusahaan dan masyarakat yang telah membantu memadamkan Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) selama 3 bulan lebih di Desa Teritip pada tahun 2020 serta menyerahkan bantuan semen ke pondok pesantren.

Tampak hadir juga dalam kesempatan tersebut instansi vertikal di Kecamatan Kateman dan perwakilan sejumlah paguyuban antara lain, Paguyuban Sosial Masyarakat Tionghoa Indonesia (PSMTI), Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR), Ikatan Keluarga Sulawesi Selatan (IKSS), Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Ikatan Keluarga Batak (IKB) dan Ikatan keluarga Palembang (IKP). (Ms)

loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top