• Home
  • GreenStyle
  • 6 Makanan Tinggi Protein Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok untuk Diet Turunkan BB

6 Makanan Tinggi Protein Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok untuk Diet Turunkan BB

Selasa, 21 November 2023 | 00:19
net
RIAUGREEN.COM - Makanan yang mengandung protein tinggi, cocok sekali untuk Anda yang sedang diet berjuang menurunkan berat badan.

Penelitian menunjukkan bahwa protein dalam makanan, memang membantu untuk g mengenyangkan. Makanan dengan kandungan tinggi protein akan membantu perut jadi terasa lebih kenyang dalam waktu yang lama, meski porsi yang dimakan hanya sedikit.

Hal ini karena, protein mengurangi tingkat hormon kelaparan ghrelin. Dengan perut yang terasa kenyang lebih lama, artinya bisa menghindari untuk mengonsumsi makanan yang tidak perlu seperti mengemil.

Nah, dari banyaknya makanan protein, berikut ini 5 makanan tinggi protein bikin kenyang lebih lama yang cocok dikonsumsi bagi orang-orang yang ingin berdiet menurukan berat badannya, sebagaimana dikutip dari Healthline, Senin (20/11/2023)

1. Kacang-kacangan: Kacang-kacangan seperti buncis , kacang polong, lentil, dan kacang tanah memiliki nutrisi yang sangat luar biasa. Makanan ini kaya akan serat dan protein nabati, namun kepadatan energinya relatif rendah. Hal ini membuat kacang-kacangan sangat mengenyangkan perut.

2. Keju cottage: Dari banyak jenis keju, keju cottage merupakan salah satu yang dapat diandalkan untuk diet. Sebab, keju cottage rendah lemak dan karbohidrat, namun tinggi protein. Kandungan proteinnya yang tinggi dapat membantu Anda merasa kenyang, meski mengonsumsi kalori yang relatif sedikit. Suatu hasil penelitian menyebutkan, efek mengenyangkan makan keju cottage mirip dengan menyantap telur.

3. Greek yogurt: Punya tekstur yang sangat kental dibandingkan dengan yogurt biasa, makanya mengandung lebih tinggi protein. Dalam suatu penelitian tahun 2013, dari peserta wanita mengonsumsi camilan yogurt dengan kandungan 160 kalori yang rendah, sedang, atau tinggi protein, hasilnya menunjukkan orang yang mengonsumsi greek yogurt berprotein tinggi merasa kenyang paling lama, tidak terlalu lapar, dan makan malam lebih lambat.

4. Daging sapi : Memberikan efek yang kuat pada rasa kenyang. Makanan ini mendapat skor 176 pada indeks kenyang, yang merupakan makanan kaya protein tertinggi kedua setelah ikan.

5. Ikan: Selain sarat dengan protein berkualitas tinggi. Ikan juga kaya akan asam lemak omega-3, yang merupakan lemak esensial yang harus diperoleh dari makanan. Menurut satu penelitian di tahun 2008, asam lemak omega-3 bantu meningkatkan rasa kenyang pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa protein dalam ikan mungkin memiliki efek lebih kuat terhadap rasa kenyang dibandingkan sumber protein lainnya. Pada indeks kenyang, skor ikan lebih tinggi dibandingkan semua makanan kaya protein lainnya, termasuk telur dan daging sapi loh!

6. Telur: Tahukah Anda telur berukuran besar mengandung sekitar 6 gram protein, termasuk sembilan asam amino esensial' Makanya telur juga sangat mengenyangkan dan memiliki nilai indeks kenyang yang tinggi.

Hasil satu penelitian menunjukkan, orang yang mengonsumsi telur dan roti panggang sebagaimenu sarapan jadi lebih sedikit lapar dan makan lebih sedikit kalori pada waktu makan berikutnya, jika dibandingkan mereka yang makan sereal dengan susu dan jus.**

sumber: okezone.com

BERITA LAINNYA
Apa Saja 7 Jajanan Murah dan Paling Disukai'
Jumat, 01 Maret 2024 | 21:43
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top