Chat Video Vs Chat Suara: Mana yang Lebih Baik'

Sabtu, 21 Januari 2023 | 01:28
Ilustrasi @detik

RIAUGREENCOM - Saat pandemi Covid-19 yang melanda dunia dua tahun silam, penggunaan video conferencing mencapai puncaknya, bahkan dilaporkan naik 5 kali lipat di tahun 2020 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ini tentu termasuk pengguna aplikasi penyedia fitur chat video dan chat suara di Indonesia. 

Aplikasi-aplikasi yang dikhususkan untuk membuka relasi pertemanan di seluruh dunia seperti Omegle sangat digemari di tanah air. Apalagi aplikasi CooMeet sudah dilengkapi dengan fitur-fitur menarik yang mendukung kelancaran komunikasi secara online dengan jutaan penggunanya di dunia.  

Lalu pertanyaannya sekarang, manakah yang terbaik atau lebih baik antara chat video vs chat suara untuk mendukung efektifitas dan efisiensi komunikasi para penggunanya. Untuk mengetahui jawabannya, kami akan mencoba uraikan 3 (tiga) hal fakta seperti di bawah ini:

1. Pendengar lebih akurat mengukur emosi pembicara saat hanya menggunakan suara

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Michael Kraus, suatu chat suara atau panggilan telepon sebenarnya akan lebih dari cukup untuk mempertemukan dan mendekatkan para kolega dari jarak jauh. Suara tampaknya menjadi cara paling aktif dalam mempersepsikan emosi. 

Mengapa kesimpulan ini bisa didapat' Sebab para pendengar akan lebih fokus pada isi pembicaraan. Hal ini berbeda saat mereka melakukan chat video yang mengharuskan mereka untuk fokus pada ekspresi wajah, bahasa tubuh yang ditunjukan para pembicara saat mereka berbicara. 

Selain itu, untuk para pembicara yang melakukan chat suara, mereka nampak bisa jadi kurang dapat mengubah nada bicara mereka, jadi emosi akan lebih akurat bisa tersampaikan. Dan ketika itu berakhir, isyarat vokal akan lebih kritis terhadap pengenalan emosi yang akurat daripada isyarat wajah.

2 Interaksi audio saja memiliki sinkroni lebih tinggi dan kecerdasan yang lebih kolektif

Yang dimaksud dengan sinkroni lebih tinggi di sini adalah merujuk secara khusus ke betapa orang-orang yang sukses akan menyelaraskan isyarat vokal dan giliran bicara mereka. Sementara kecerdasan kolektif  artinya kemampuan sebuah kelompok dalam memecahkan berbagai masalah. 

Ini mungkin mengejutkan mengetahui anggapan dari sebagian besar masyarakat bahwa menggunakan video selama panggilan mungkin saja lebih baik dalam menyelaraskan dengan suatu kelompok. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa penggunaan video dalam chat ternyata menciptakan ketidaksamaan yang lebih besar pada giliran bicara. 

Hal ini Berbeda dengan chat yang menggunakan suara saja. Alasannya adalah dengan mendengar intonasi/nada suara yang dikeluarkan, maka pendengar dan pembicara akan tahu secara lebih baik kapan seharusnya mereka harus mulai berbicara, dan kapan harus mulai mendengarkan.  

Bisa dikatakan bahwa penggunaan video dalam obrolan/chat tidak hanya tidak diperlukan, tapi juga tidak cukup membantu jika dibandingkan dengan penggunaan suara. 

3. Interaksi tanpa video akan mengurangi kecapekan Zoom (Zoom Fatigue)

Zoom fatigue atau kecapekan atau kelelahan Zoom suatu istilah yang menunjukkan adanya kebosanan dan kelesuan yang diakibatkan penggunaan platform interaksi virtual online secara berlebihan. Kata ‘Zoom’ sendiri diambil dari nama sebuah platform populer untuk melakukan chat video secara berkelompok. 

Ya, selain tentunya memiliki keunggulan yang sudah tidak diragukan lagi, aplikasi chat video ini juga ternyata telah menyebabkan kelelahan, kecemasan, dan kejenuhan bagi para penggunanya saat digunakan secara berlebihan. Berdasarkan riset, para pengguna perempuan ternyata lebih rentan terkena Zoom fatigue ini. 

Karenanya, mengingat videoconferencing mungkin akan tetap menjadi bagian untuk mendukung pekerjaan di masa sekarang dan masa depan, sebab dapat terhubung dengan pengguna yang sangat banyak, namun perlu difahami faktor-faktor yang bisa mengarah ke kelelahan Zoom ini. 

Dan setelah mengetahui ketiga fakta di atas, maka kami dapat menyimpulkan bahwa untuk saat ini penggunaan chat suara sedikit lebih baik daripada chat video. 


BERITA LAINNYA
6 Busana Terbaik Selebriti di Grammy Awards 2023
Senin, 06 Februari 2023 | 14:45
Viral Ibu Hamil Ditangkap Usai Merampok Toko Emas
Jumat, 03 Februari 2023 | 14:38
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top