• Home
  • Dumai
  • Sekdako Hadiri Rakor Lintas Sektoral Pengamanan Tahapan Pemilu

Sekdako Hadiri Rakor Lintas Sektoral Pengamanan Tahapan Pemilu

Kamis, 30 November 2023 | 19:40
dsk
DUMAI, RIAUGREEN.COM - Dalam mewujudkan pemilu yang aman dan damai tidaklah semata hanya menjadi tanggung jawab KPU, Bawaslu, atau pihak TNI/Polri semata, melainkan juga merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat yang ikut berperan aktif di dalamnya. 

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Dumai, H. Indra Gunawan saat membacakan sambutan resmi Wali Kota Dumai ketika menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Tahapan Pemilu Tahun 2024 di Kota Dumai, bertempat di Gedung Citra Waspada Polres Dumai, Kamis (30/11/2023).

Atas nama Pemerintah Kota Dumai, ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi Kapolres dan jajaran yang sudah menginisiasi pelaksanaan Rapat Koordinasi dengan melibatkan segenap stakeholder guna melakukan persiapan terbaik pengamanan Pemilu di tahun depan.

"Hal ini menjadi wujud khidmat dan komitmen bersama guna memastikan pelaksanaan pemilu tahun 2024 di Kota Dumai berlangsung aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, tiada ujaran kebencian, jauh dari politisasi sara dan politik uang," ucapnya.

Pada kesempatan ini ia juga menyampaikan kesiapan Kota Dumai dalam pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 diantaranya:

1. Pemerintah Kota Dumai telah berpartisipasi penuh dengan melakukan dukungan penganggaran melalui mekanisme Hibah Daerah baik kepada instansi Pelaksana Pilkada (KPU dan Bawaslu Kota Dumai), maupun instansi pengamanan Pilkada (Polres dan Kodim).

2. Bekerja sama dengan seluruh stakeholder terkait, Pemko telah dan akan terus melakukan pendataan potensi konflik secara rutin dan terkoordinir guna meminimalisir gangguan kamtibmas selama tahapan Pemilu dan Pilkada.

3. Melaksanakan pemberdayaan forum-forum kemasyarakatan dan ormas-ormas terdata dalam konteks kemitraan guna menyukseskan Pemilu dan Pilkada seperti FKUB, FKDM, FPK LKKMD dan tidak ketinggalan LAMR Kota Dumai sebagai pokok pangkal dan tempat berlindung organisasi paguyuban.

4. Bersama-sama FORKOPIMDA, Badan Kesbangpol Kota Dumai jamak melaksanakan rapat rutin terjadwal guna membahas isu-isu strategis daerah termasuk kesiapan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada tahun 2024.

5. Pelaksanaan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya keikutsertaan dan partisipasi masyarakat dalam mensukseskan Pemilu dan Pilkada di Kota Dumai.

6. Mengajak, merangkul dan mengedukasi masyarakat terkait pentingnya keberhasilan pelaksanaan pesta demokasi melalui berbagai Deklarasi Pemilu Damai.
Dalam kaitan itulah, dengan sinergi yang terus kita jalin, kami optimis Pemilu yang aman dan tanpa cela di kota kita akan kembali kita rasakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Bersama Kepolisian, TNI, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, ormas dan peserta Pemilu beserta pendukungnya dan partai politik.

"Terakhir, tidak lupa kami menghimbau kepada ASN, Kepolisian, dan TNI untuk menjaga netralitas dan sampaikan kepada masyarakat kita untuk memiliki integritas karena seorang pemilih memiliki hak konstitusional yang digunakan dengan penuh tanggung jawab," pungkasnya.

Turut hadir dalam Rakor, Danlanal Dumai atau yang mewakili, Forkopimda Kota Dumai, Kepala OPD, Camat, Kapolsek dan Danramil se-Kota Dumai, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Ketua Parpol se-Kota Dumai, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda serta hadirin undangan lainnya.(dsk)

BERITA LAINNYA
Ustadzah Oki Berikan Santapan Rohani di DIC
Senin, 26 Februari 2024 | 22:43
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top