• Home
  • Dumai
  • 24 Tahun Menanti Pembangunan Jalan Pawang Lion, Wako Wujudkan Harapan Warga Barak Aceh

24 Tahun Menanti Pembangunan Jalan Pawang Lion, Wako Wujudkan Harapan Warga Barak Aceh

Selasa, 28 November 2023 | 21:12
dsk
DUMAI, RIAUGREEN.COM - Warga Dumai khususnya yang berada di Barak Aceh, RT 12, Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai kini boleh tersenyum lebar. Penantian panjang lebih dari 24 tahun, akhirnya kini bisa merasakan jalan Pawang Lion yang mulus untuk keluar masuk perkampungan mereka.

"Kampung ini sudah ada sebelum Kota Dumai berdiri. Sejak Kota Dumai berdiri 24 tahu lalu, masyarakat berharap jalan ini segera mulus. Namun pada saat dipimpin Wali Kota pak Paisal baru terwujud," kata ketua RT 12 Barak Aceh Kelurahan Pelintung Kecamatan Medang Kampai, Cipto, Selasa (28/11/2023).

Memang panjang jalan Pawang Liyun yang sudah mulus belum seluruhnya. Dari sekira 4 kilometer menuju Barak Aceh, baru sekira 500 meter yang di rigid dengan ketebalan 30 cm.

"Rasa syukur yang tak terhingga. Atas nama warga, kami mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota, DPRD dan PUPR dan telah merealisasikan harapan kami. Sekarang, kami juga sama dengan warga Dumai yang lain yang bisa sama-sama menikmati jalan yang mulus," lanjut Cipto.

Ke depan ia berharap sisa jalan yang belum di rigid untuk dituntaskan. Karena ruas jalan Pawang Lion tersebut merupakan jalan utama untuk mengangkut hasil pertanian warga.

Sementara itu, Wali Kota Dumai, H Paisal di sela-sela meninjau pembangunan Jalan Pawang Lion mengemukakan bahwa Program Khidmat Infrastruktur merupakan salah satu program prioritas Pemko Dumai.

"Terutama ruas jalan dalam rangka meningkatkan akses peningkatan perekonomian masyarakat dan pendidikan. Seperti Jalan Pawang Lion ini yang sudah ada lebih dari 22 tahun dan perlu peningkatan," kata Paisal. 

Disisi lain, Camat Medang Kampai, Indra Gunawan mengemukakan, selain jalan akses ke Kampung Barak Aceh, Jalan Pawang Lion juga merupakan Jalan yang bisa dijadikan jalan poros atau alternatif ke Bukit Kapur.

"Kalau diteruskan, jalan Pawang Lion ini bisa tembus Ke kiri ke Bukit Lengkung dan ke kanan ke Bukit Sembilan. Dari Bukit Lengkung lanjut ke Rawang Sekilo dan tembus ke Bukit Kerikil. Dari Bukit Kerikil bisa tembus ke Bukit Kapur," papar Indra. 

Lurah Pelintung, Zamhuri mengatakan sejak Ia menjadi lurah, banyak perubahan terjadi di Kelurahan Pelintung. Pembangunan infrastruktur terus di gesa.

"Saat ini Posyandu telah diperbaiki, kantor kelurahan. Dan sekarang ini kita lihat Jalan Pawang Lion yang sudah puluhan tahun ada sudah mulus sebagian," kata Zamhuri.

Jalan Pawang Lion tersebut, kata Zamhuri, selain untuk akses hasil pertanian, juga akses ke sekolah. Karena di Kampung Barak Aceh ada sekolah dasar. Ke depan juga akan ada Gedung SMP.(dsk)

BERITA LAINNYA
Ustadzah Oki Berikan Santapan Rohani di DIC
Senin, 26 Februari 2024 | 22:43
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top