HCM CITY, VIETNAM – Media OutReach Newswire – Ho Chi Minh City Development Joint Stock Commercial Bank (HDBank – kode saham: HDB) pada tanggal 29 Maret mengumumkan laporan keuangan yang telah diaudit untuk tahun 2023. Dari hasil laporan ini semakin mengukuhkan pertumbuhan yang cepat dan stabil, menunjukkan bahwa HDBank telah meraih hasil terbaik yang pernah ada dengan laba sebelum pajak melebihi VND13 triliun (USD524 juta), meningkat 26,8%.

Dalam 10 tahun terakhir, HDBank telah mencapai tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 49,1%.

Rasio profitabilitas ROA sebesar 2% dan ROE sebesar 24,2%, keduanya lebih tinggi dari tahun lalu dan membuat HDBank tetap berada di antara kelompok bank-bank terkemuka dalam indikator-indikator penting ini.

Sementara capital adequacy ratio (CAR) sebesar 12,6% setara dengan 150% dari rasio yang ditetapkan untuk industri perbankan di bawah norma-norma Basel II. Rasio kredit bermasalahnya hanya 1,5% dan indikator-indikator kehati-hatian lainnya semuanya positif.

Per 31 Desember 2023, total aset HDBank bernilai lebih dari VND602 triliun ($24,3 miliar), naik 44,7% dari tahun sebelumnya.

Deposit meningkat 46,5% menjadi VND537 triliun ($21,6 miliar), dan saldo kredit konsolidasi mencapai 353 triliun ($14,2 miliar), naik 31,8%.

Untuk mempertahankan momentum pertumbuhan yang berkelanjutan, di satu sisi HDBank tetap teguh pada fokus strategisnya pada ritel multiguna, usaha kecil dan menengah serta pembiayaan konsumen, dan di sisi lain secara proaktif mengadopsi standar internasional terbaik untuk manajemen perbankan modern.

Pada tahun 2023, bank memelopori peningkatan standar tata kelola internasional Basel III dan menerapkan strategi lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG).

HDBank adalah bank pertama di Vietnam yang menerbitkan laporan ESG pada tahun 2024 sebagai bagian dari upayanya untuk membantu Vietnam mencapai komitmennya dalam mencapai emisi gas rumah kaca nol.

HD SAISON Finance Co. Ltd., perusahaan patungan dengan mitra dari Jepang, mencapai hasil bisnis yang unggul dalam hal keuntungan dan keamanan di antara perusahaan-perusahaan keuangan.

Selain kegiatan bisnis yang dinamis, HDBank juga telah melaksanakan tanggung jawab sosialnya melalui program-program yang bermakna secara nasional.

HDBank dianugerahi banyak penghargaan bergengsi pada tahun lalu seperti ASEAN Business Awards 2023 – Digital Innovation Award oleh ASEAN Business Advisory Council, Board of The Year yang diberikan oleh Vietnam Institute of directors (VIOD), dan Bank Ritel Terbaik di Vietnam pada tahun 2023.

Bank juga memenangkan penghargaan sebagai Perusahaan Tercatat dengan Penyelenggaraan Rapat Umum Tahunan Terbaik dari Bursa Efek Ho Chi Minh, Bursa Efek Hanoi dan surat kabar Investment Review.