• Home
  • Bisnis
  • HKBU Luncurkan Penghargaan Perdana Art Futures Awards Tingkat Asia dengan Seniman Terkenal dunia, Yoshitomo Nara, Sebagai Juri

HKBU Luncurkan Penghargaan Perdana Art Futures Awards Tingkat Asia dengan Seniman Terkenal dunia, Yoshitomo Nara, Sebagai Juri

Sabtu, 02 Desember 2023 | 11:57
Keterangan Foto: Karya-karya dari keenam seniman terpilih menunjukkan standar yang luar biasa, dan menjangkau beragam media. Ini termasuk instalasi seni Wish of Pebble yang dibuat oleh seniman muda Xiong Zheng dari Tiongkok Daratan dengan menggunakan bahan-bahan seperti motor dan suku cadang mesin

HONG KONG SAR – Media OutReach – Academy of Visual Arts (AVA) di bawah School of Creative Arts (SCA) di Hong Kong Baptist University (HKBU) dengan senang hati mengumumkan peluncuran perdana “Art Futures Awards”, sebuah penghargaan seni internasional yang merupakan yang pertama dari jenisnya di Asia. Proyek ini didedikasikan untuk mempromosikan dan memperjuangkan pencapaian seniman-seniman baru yang luar biasa, serta merayakan karya-karya luar biasa dari para lulusan baru di bidang seni visual dan praktik seni kontemporer yang terkait.

Art Futures Awards merasa terhormat karena telah mendapatkan anggota yang memiliki reputasi internasional untuk menjadi anggota panel penilai, termasuk Mr Yoshitomo Nara, seorang seniman Jepang yang sangat terkenal, dan Mr Hou Hanru, mantan Direktur Artistik MAXXI, Museum Nasional Seni Abad ke-21 di Roma. Mereka akan berkumpul di HKBU pada bulan Desember untuk memberikan penghargaan kepada para seniman muda berbakat dan berbagi wawasan inspiratif dalam penciptaan seni.

Art Futures Awards yang diselenggarakan dan dipersembahkan bersama oleh AVA HKBU dan organisasi seni art-at-all dan IAE (HK), telah mendapatkan dukungan yang luas di tahun perdananya. Lebih dari 70 perguruan tinggi dan institusi dari berbagai negara dan wilayah di seluruh Asia, termasuk Tiongkok Daratan, Bangladesh, Hong Kong, India, Jepang, Laos, Makau, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Filipina, dan Vietnam, telah mengajukan nominasi mereka. Setiap perguruan tinggi atau institusi diperbolehkan untuk menominasikan hingga dua lulusan 2022/23.

Panel juri telah memilih enam finalis dari 30 seniman yang terpilih pada tahap pertama penilaian. Karya-karya mereka menunjukkan standar yang luar biasa, dan menjangkau beragam medium seperti lukisan, patung, keramik, instalasi interaktif, seni media, dan seni pertunjukan.

Acara penyerahan penghargaan yang telah dinanti-nantikan akan diadakan pada tanggal 20 Desember, di mana pemenang dari delapan penghargaan, termasuk satu penghargaan pertama, dua penghargaan kedua, tiga penghargaan ketiga, dan dua penghargaan yang diperuntukkan bagi para seniman Hong Kong akan diumumkan. Selain hadiah uang tunai sebesar USD10,000, pemenang hadiah pertama juga akan mendapatkan residensi selama satu bulan di Hong Kong untuk pertukaran seni.

“HKBU telah menjadi tempat lahirnya kreativitas yang terkenal, yang didedikasikan untuk memupuk bakat-bakat untuk sektor seni. Art Futures Awards siap menjadi katalisator utama untuk mengembangkan bakat-bakat seni yang baru muncul. Ajang ini juga berfungsi sebagai platform dinamis yang menghubungkan para seniman dari seluruh dunia, yang memungkinkan para mahasiswa dari berbagai institusi akademis untuk bertukar ide demi terciptanya karya-karya yang lebih inspiratif. Dengan memfasilitasi pertukaran kreatif ini, Penghargaan ini akan berkontribusi pada pengembangan komunitas bakat seni internasional, membuka jalan bagi kolaborasi dan inovasi artistik di masa depan,” tambah Profesor Johnny M Poon, Dekan Pendiri SCA, dalam rilisnya, Kamis (30/11/2023).

Agar publik dapat mengapresiasi karya-karya luar biasa dari para talenta seni muda ini, sejumlah karya seni mereka yang luar biasa akan dipamerkan di Hong Kong mulai tanggal 21 Desember 2023 hingga 14 Januari 2024 dalam sebuah pameran yang akan diselenggarakan di Kampus Kai Tak, Hong Kong.

Untuk detail acara lebih lanjut, silakan kunjungi situs web, laman Facebook, dan Instagram Art Futures Awards.



BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top