• Home
  • Bengkalis
  • RSUD Bengkalis Kini Miliki Delapan Layanan Prioritas

RSUD Bengkalis Kini Miliki Delapan Layanan Prioritas

Jumat, 01 Maret 2024 | 21:42
dsk
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Rumah sakit menjadi tempat rujukan bagi pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) dan klinik dalam menangani pelayanan kesehatan tingkat lanjut. Hal ini menjadikan rumah sakit perlu membuat pelayanan yang optimal dan komprehensif bagi kesembuhan pasien dan kepuasan pelanggan.

Dalam menjawab tantangan tersebut, RSUD Bengkalis sebagai satu-satunya rumah sakit di Pulau Bengkalis menghadirkan berbagai layanan bagi memenuhi pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjut untuk warga Kabupaten Bengkalis, khususnya yang berada di Pulau Bengkalis dan sekitarnya.

Berdasarkan program layanan prioritas dari Kementerian Kesehatan sebagai pemerataan pelayanan kesehatan, terdapat delapan layanan yang menjadi prioritas RSUD Bengkalis, yaitu sebagai berikut:

Pelayanan Stroke

Sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: HK.01.07/MENKES/ 1948/2022 tentang Rumah Sakit Jejaring Pengampuan Pelayanan Stroke, bahwa RSUD Bengkalis ditunjuk sebagai RS Pengampu Layanan Kanker strata madya oleh RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Dalam perkembangannya, pelayanan stroke di RSUD Bengkalis sudah ditunjang dengan berbagai macam sumber daya. Diantaranya Dokter Spesialis Neurologi 2 orang, Dokter Spesialis Keterapian Fisik dan Rehabilitasi 1 orang, Fisioterapis 6 orang, Terapis Okupasi 1 orang, Terapis Wicara 1 orang.

Selain itu, didukung pula dengan sarana prasarana berupa CT Scan serta Ruang HCU (High Care Unit).

Pelayanan Jantung

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/7182/2020 tentang Rumah Sakit Jejaring Rujukan Kardiovaskuler, bahwa RSUD Bengkalis ditunjuk sebagai RS Pengampu Layanan Kardiovaskuler strata madya oleh RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau.

Dalam perkembangannya, telah tersedia berbagai macam sumber daya untuk menunjang pelayanan jantung di RSUD Bengkalis, yaitu Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah 2 orang, sarana prasarana berup Elektrokardiogram (EKG), Ekokardiografi (USG jantung), Treadmill dan CT Scan.

Pelayanan Diabetes Militus

Atas Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/1961/2022 tentang Rumah Sakit Jejaring Pengampuan Pelayanan Diabetes Melitus, bahwa RSUD Bengkalis ditunjuk sebagai RS Pengampu Layanan Kardiovaskuler strata madya oleh RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Dalam perkembangannya, RSUD Bengkalis telah menyediakan sumber daya Dokter Spesialis Penyakit Dalam 2 orang, Perawat yang terlatih dalam perawatan kaki diabetes 1 orang serta sarana prasarana pemeriksaan HbA1c yang mengukur kadar atau prosentase glukosa yang terikat dengan hemoglobin.

Pelayanan Kanker

Dalam pelayanan kanker ini, 1 orang Dokter Spesialis Bedah Konsultan Onkologi dan sarana prasarana berupa pemeriksaan jaringan tumor, pemeriksaan darah untuk penanda tumor dan USG tumor telah disediakan.

Hal itu menyusul Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia RSUD Bengkalis yang ditunjuk sebagai RS Pengampu Layanan Kanker strata madya oleh RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Dengan 4 layanan prioritas tersebut, RSUD Bengkalis akan selalu mengembangkan pelayanan yang lebih lengkap dan paripurna. 

Kemudian pelayanan KIA, Jiwa, Uro-Nefrologi, serta Pelayanan PIE (Penyakit Infeksi Emerging).

Ini semua dilakukan demi kesembuhan pasien, kepuasan pelanggan, dan kesejahteraan secara umum kepada masyarakat Kabupaten Bengkalis demi terwujudnya Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera. (dsk)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top