• Home
  • Bengkalis
  • Canangkan Gerakan Tanam Cabai, DTPHP Bengkalis Dukung Kolaborasi Lintas Sektor

Canangkan Gerakan Tanam Cabai, DTPHP Bengkalis Dukung Kolaborasi Lintas Sektor

Senin, 26 Februari 2024 | 22:45
dsk
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Dalam rangka mengendalikan inflasi yang ada di Kabupaten Bengkalis, Bupati Bengkalis Kasmarni melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kabupaten Bengkalis mencanangkan Gerakan Tanam Cabai.

Kegiatan pencanangan tersebut dilaksanakan di lahan cabai milik petani di Desa Bantan Tua, Kecamatan Bantan, Senin 26 Februari 2024.

Acara tersebut didukung oleh Pemerintah Desa Bantan Tua, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Bantan, perwakilan kelompok tani hortikultura, Balai Karantina Pertanian Kabupaten Bengkalis, serta PT. Agrosid Manunggal Sentosa.

Kepala Dinas TPHP Kabupaten Bengkalis, H. Tarmizi diwakili Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan, Rafiani menyampaikan Gerakan Tanam Cabai dengan memanfaatkan lahan atau pekarangan rumah agar masyarakat bisa memenuhi sendiri kebutuhan cabai secara mandiri dan berdampak pada upaya pengendalian inflasi yang disumbang oleh komoditas cabai.

"Tanaman cabai ini merupakan salah satu komoditas utama penyumbang inflasi yang menjadi perhatian bagi pemerintah dari pusat sampai daerah. Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mengendalikan harga komoditas cabai ini salah satunya melalui Gerakan Tanam Cabai secara masif dengan melibatkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Masyarakat bisa memanfaatkan tanah pekarangan masing-masing, ini yang perlu diedukasi dalam rangka mengendalikan inflasi," terang Rafiani.

Kepala DTPHP Kabupaten Bengkalis juga menegaskan, bahwa pengendalian inflasi merupakan kerja bersama lintas sektoral sehingga di tingkat tapak pun kolaborasi ini harus dibangun dan didukung dengan baik. Untuk itu, dari Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi upaya dari berbagai pihak yang ikut berpartisipasi dalam gerakan penanaman cabai yang dilakukan di Kecamatan Bantan khususnya dan Kabupaten Bengkalis secara umum.

Pada kesempatan ini, selain mengunjungi lahan cabai milik Ujang dengan penanaman sekitar 1.200 batang cabai rawit, DTPHP Kabupaten Bengkalis juga memantau pertumbuhan tanaman cabai di lahan BBU Taman Sari dengan penanaman cabai rawit sekitar 3.000 batang.

"Harapannya melalui pencanangan kegiatan ini dapat mendorong pendistribusian berbagai tanaman utamanya tanaman cabai, sehingga para petani mampu meningkatkan ekonominya," harapnya. (dsk)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top