Kadar Asap Semakin Tinggi, Ini Imbauan Bupati Wardan

Jumat, 30 Agustus 2019 | 08:27
INHIL, RIAUGREEN.COM - Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menerbitkan surat edaran Bupati Indragiri Hilir yang berisikan imbauan kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Inhil dan masyarakat agar mengurangi aktifitas di luar ruangan, Senin (26/8/2019) pagi.

Imbauan melalui surat edaran tersebut disampaikan Bupati menyusul kadar asap yang semakin tinggi akibat Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla yang terjadi sehingga menyebabkan hampir seluruh kawasan di Kabupaten Inhil diselimuti asap tebal.

Bupati juga mengimbau agar dapat meliburkan aktifitas kelompok khusus/rentan seperti PAUD, TK, SD, Ibu Hamil, Ibu Menyusui, masyarakat dengan penyakit jantung kronis dan kelompok masyarakat dengan usia lanjut atau lebih dari 55 tahun.

"Jika ISPU sudah lebih dari 150 atau udara tidak sehat, meliburkan kelompok khusus atau rentan ini perlu dilakukan karena bahaya dan mengancam kesehatan," kata Bupati saat dikonfirmasi awak media.

Menurut Bupati, imbauan tersebut penting untuk disampaikan karena asap tebal dapat mengganggu kesehatan masyarakat.

Untuk itu, Bupati juga memberikan tips kepada masyarakat agar senantiasa sehat meski dalam kondisi daerah diselimuti kabut asap tebal, seperti mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, minum air putih lebih banyak dan lebih sering, menutup sumur dan tempat penyimpanan air serta selalu menggunakan masker pada waktu kabut asap.

"Tentunya ini sangat penting dilakukan guna menjaga kondisi kesehatan kita. Asap tebal ini berpotensi menyebabkan gangguan pernapasan. Oleh karenya, tips-tips yang diberikan adalah langkah pencegahan," jelas Bupati.

Terakhir, Bupati berharap agar Karhutla dapat segera diatasi agar kondisi dapat kembali normal tanpa asap tebal. Dia menuturkan, pihak TNI, Polri dan Pemerintah Daerah tengah berupaya keras, berjibaku memadamkan api di beberapa titik lokasi. (adv/disk/ms)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top