Lokakarya Sadar Pangan Kabupaten Bengkalis Tahun 2019

Pola Konsumsi B2SA Pangan Lokal yang Diutamakan

Rabu, 10 Juli 2019 | 12:03
Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis Membuka Acara Lokakarya Sadar Pangan Kabupaten Bengkalis Tahun 2019, di Gedung Daerah Bengkalis (10/07/2019).
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM– Seketaris Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis H. Efendi Ahmad mewakili Bupati Bengkalis membuka acara Lokakarya Sadar Pangan Kabupaten Bengkalis tahun 2019, bertempat di Gedung Daerah Bengkalis (10/07/2019).
 
Dalam sambutan tertulis Bupati Bengkalis yang dibacakan oleh H. Efendi mengatakan, saat ini salah satu tantangan yang dihadapi bidang pangan adalah panganekaragaman pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA).

"Saat ini pangan lokal terus kita upayakan untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan unggul, melalui perbaikan pola konsumsi pangan masyarakat agar menjadi lebih beragam," Kata Efendi.
 
Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa tidak satupun makanan yang lengkap kandungan gizinya selain air susu ibu (ASI), sehingga kita membutuhkan berbagai jenis makanan sebagai asupan gizi.
 
"Peran organisasi masyarakat seperti PKK sangat dibutuhkan melalui peran kelompok kerja III PKK dengan 3 (tiga) program yang melekat, salah satu diantaranya berkaitan dengan pangan. Agar Pokja III PKK dapat lebih memberikan perhatian sungguh-sungguh bidang ketahanan pangan kepada masyarakat dan keluarga," ujar H. Efendi.
 
Mengingat beratnya pangan lokal kita bersaing dengan terigu atau gandum sambung Efendi, akibat semakin besarnya gempuran promosi produk pangan import sehingga pangan lokal saat ini kurang diminati, untuk itu dibutuhkan peran dan aksi nyata dari kita semua agar pangan lokal seperti sagu, ubi kayu, ubi jalar dan lainnya dapat berkembang dengan baik dengan mengembangkan usaha pangan lokal kita disetiap wilayah kecamatan serta membina usaha kecil menengah yang bergerak pada bahan baku pangan lokal, sehingga pangan lokal dapat diminati dan tersedia dipasaran.

"Kami harapkan kepada tim penggerak Pkk Kabupaten, Kecamatan dan Desa, serta kelompok desawisma yang ada untuk dapat memberikan pemahaman serta memasyarakatkan akan pentingnya konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang, dan aman berbasis sumberdaya pangan lokal kepada seluruh masyarakat, dengan memanfaatkan lahan pekarangan kita sebagai sumber pangan dan gizi keluarga," harap H. Efendi.
 
Sementara itu dalam laporan panitia pelaksana kegiatan, Isnanto menyampaikan bahwa kegiatan lokakarya pangan ini diikuti oleh 36 orang Kader PKK Kabupaten Bengkalis dengan mendatangkan narasumber dari Pekanbaru Chef Rudi Saini dan Kabid Konsumsi Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis Susi Hartati.
 
Turut hadir Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator Lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Sekretaris Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis Hj. Dewinda Tajul, serta pejabat administrator dan pengawas lingkup Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis.(DSK)

Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top