Bupati Bengkalis Pimpin Upacara Hardiknas 2015

Minggu, 3 Mei 2015 | 18:58:44
DURI, RIAUGREEN.COM – Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh menjelaskan, sektor pendidikan merupakan piliar utama dalam proses pembangunan di berbagai bidang. Pembangunan suatu daerah tidak akan berjalan baik dan lancar jika pendidikan belum baik.

"Karena itu pula Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Bengkalis menjadi pembangunan bidang pendidikan sebagai salah satu prioritas. Terus dan berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini," tegas Herliyan.

Herliyan mengatakan itu usai membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan ketika menjadi Pembina upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2015 tingkat Kabupaten Bengkalis, Sabtu (2/5).

Puncak peringatan Hardiknas 2015 yang dipusatkan di Stadion Mini Pokok Jengkol, Duri, Kecamatan Mandau tersebut dihadiri ribuan peserta. Selain guru dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya, hampir seluruh pelajar dari berbagai tingkat lembaga pendidikan di Mandau mengikuti upacara tersebut.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Bengkalis untuk memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini pada tahun 2015, imbuh Herliyan, diantaranya dengan memberikan beasiswa khusus kepada pelajar dan mahasiswa.

Bantuan biaya pendidikan yang disalurkan melalui Dinas Pendidikan tersebut, kata Herliyan, yaitu beasiswa berprestasi sebesar Rp. 2,4 miliar. Baik itu yang mereka berprestasi di bidang akademik dan beasiswa prestasi non akademik

"Beasiswa ini diberikan kepada pelajar dan mahasiswa yang beprestasi tingkat internasional, nasional, provinsi dan kabupaten dalam bidang seni, olahraga, kebudayaan dan prestasi lainnya," jelas Herliyan.

Beasiswa lainnya adalah beasiswa Komunitas Adat Terpencil (KAT). Untuk tahun 2015 ini beasiswa yang khusus diberikan anak- anak suku Sakai dan Akit (Suku Asli) yang ada di Kabupaten Bengkalis ini dianggarkan sebesar Rp 688 juta.

Kemudian beasiswa anak tempatan sebesarnya Rp 3,1 miliar. Beasiswa anak tempatan ini  diberikan pada pelajar dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yang berada di Kabupaten Bengkalis.

"Selain untuk pelajar dan mahasiswa, juga dilokasikan anggaran sebesar Rp. 3,912 miliar untuk meningkatkan kualitas guru di daerah ini. Sebagai salah satu komponen yang menentukan kualitas pendidikan, Pemkab Bengkalis senantiasa dan terus berupaya meningkatkan kualitas guru-guru di daerah ini," katanya. (hum/d'ari)

BERITA LAINNYA
Sekda Ingatkan ASN untuk Tingkatkan Disiplin Kerja
Senin, 19 Februari 2018 | 10:54
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top