Bantuan ADD Sesuai dengan Program Visi Bengkalis Tahun 2010-2015

Rabu, 1 Oktober 2014 | 12:48:08
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Berkenaan dengan pelaksanaan fungsi berbagai kelembagaan yang ada di desa, peran serta masyarakat khususnya Badan Permusyawaratan Desa (BPD) perlu diinformasikan kembali, bahwa untuk mewujudkan masyarakat yang unggul, sejahtera, mandiri dan bertaqwa sebagaimana Visi kabupaten Bengkalis pada 2010-1015. Terdapat sejumlah program strategis pemerintah Bengkalis yang pada titik fokusnya pelaksanaanya di Desa.

"Seperti, alokasi dana desa (ADD) yang besarnya berkisar antara 1 milyar sampai dengan 3 Milyar perdesa, yang difokuskan untuk membiayai keperluan operasional pemerintah desa dan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, termasuk juga kegiatan untuk infrastruktur," ungkap Bupat Herliyan Saleh Selasa (30/9/14) kemaren.

Alokasi dana ke Desa, kata orang nomor satu negeri junjungan Bengkalis ini lagi, berupa dana intruksi Bupati Program penguatan Infrastruktur perdesaan. Seperti, dana INBUP PPIP, yang dialokasikan sebesar Rp 1 Milyar pertahunnya, dimulai sejak tahun 2011.

"Dana itu, digunakan untuk kepentingan pembangunan infrastruktur desa, antara lain seperti, Jalan semenisasi/ pengerasan jalan lingkungan, dranase, jembatan, infrastruktur penanggulangan bencana (Karhutla) dan lainnya yang dibutuhkan masyarakat Desa," paparnya.

Disamping itu, hal ini tentu saja kita harapkan agar benar-benar bermanfaat bagi masyarakat desa demi mengurangi persoalan kekurangan yang selama ini banyak menjadi keluhan masyarakat.

"Seperti dana UED/K-SP yang digelontorkan pemerintah, agar dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat desa, untuk mengembangkan dan memajukan usahanya. Hal tersebut bertujuan untuk mewujudkan masyarakat desa yang memiliki pondasi ekonomi yang semakin baik dan kuat, serta kelompok masyarakat miskin dapat segera keluar dari kemiskinan dan hidup lebih sejahtera," tutupnya. (d'ari)

BERITA LAINNYA
Sekda Ingatkan ASN untuk Tingkatkan Disiplin Kerja
Senin, 19 Februari 2018 | 10:54
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top