BPD Diminta Dukung Kerja Kades

Bupati Bengkalis Herliyan Saleh Melantik Anggota BPD se-kecamatan Pinggir
Rabu, 1 Oktober 2014 | 12:44:11
Pelantikan anggota BPD se-kecamatan Pinggir dilakukan di dua tempat terpisah, pada pagi hari dilaksanakan di desa Pangkalan Libut dan siang harinya di desa Koto Pait Beringin, Jumlah anggota BPD yang dilantik di 6 desa pemekaran baru
PINGGIR, RIAUGREEN.COM - Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) diminta untuk selalu mendukung kinerja kepala Desa (kades). Langkah ini penting demi mendukung program-program pembangunan untuk Desa.

"Untuk kemajuan desa, anggota BPD jangan melaksanakan tugasnya harus mendukung kades. Jangan terlalu berlebihan dalam mengawasi kinerja kades, sehingga terkesan mencari-cari kesalahan kades," kata Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh saat pelantikan anggota BPD se-kecamatan Pinggir, Selasa (30/9/14) kemaren.

Pelantikan anggota BPD se-kecamatan Pinggir itu, dilakukan di dua tempat terpisah, pada pagi hari dilaksanakan di desa Pangkalan Libut dan siang harinya di desa Koto Pait Beringin Jumlah anggota BPD yang dilantik di 6 desa pemekaran baru.

Hadir pada pelantikan itu, Kepala BPMPD Ismail, anggota DPRD Bengkalis Amril Mukminin Camat Pinggir Kasmarni, dan sejumlah kepala SKPD di lingkup pemerintah kabupaten Bengkalis.

Di kata sambutan Bupati Herliyan Saleh menyampaikan, anggota BPD harus memeiliki fungsi yang harus dipahami dan dilaksanakan dengan baik.

"Pertama, membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, untuk melaksanakan fungsi ini, anggota BPD agar segera memahami mekanisme pembuatan peraturan desa (perdes), sehingga produk perdes yang dihasilkan tidak bertentangan dengan peraturan perundang undangan yang lebih tinggi,"terang Bupati Herliyan Saleh.

Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa, fungsi itu harus dapat dijalankan dengan baik oleh anggota BPD, karena sebagai lembaga yang mewakili masyarakat sudah seharusnya BPD menampung dan menyalurkan Aspirasi masyarakat Desa.

"BPD juga harus melakukan pengawasan kinerja kepala desa, karena fungsi pengawasan sangat penting guna memastikan program yang telah disepakat bersama, agar dapat dijalankan dengan baik sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, namun demikian pelaksanaan ini, sebaiknya dikembangkan dengan prinsip semangat kebersamaan untuk memajukan dan membangun desa sesuai dengan tugas poko dan fungsinya masing-masing," tutup Bupati Bengkalis Ir. H. Herliyan Saleh. (d'ari)


BERITA LAINNYA
Sekda Ingatkan ASN untuk Tingkatkan Disiplin Kerja
Senin, 19 Februari 2018 | 10:54
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top