Sekda Arianto Pimpin Rakor Ketersediaan dan Stabilitas Bahan Pangan Jelang Ramadhan

Selasa, 16 Mei 2017 | 17:08
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Guna menjamin ketersediaan dan stabilitas bahan pangan jelang Ramadhan dan hari besar keagamaan lainnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) yang melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para distributor kebutuhan pokok, dan stakeholder terkait lainnya.

Rakor yang dibuka Bupati Bengkalis, Amril Mukminin diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bengkalis, H Arianto ini dilaksanakan di lantai II Kantor Bupati Bengkalis, Selasa (16/05/2017).

Dalam rakor, dijelaskan Plt. Sekda saat membacakan sambutan tertulis Bupati Bengkalis, lonjakan harga dan ketersediaan bahan pokok dipasaran jelang Ramadhan dan hari besar keagamaan lainnya, harus diantisipasi sejak dini.

Meskipun berdasarkan pantuan Disperindag, sejauh ini ketersediaan barang kebutuhan pokok diperkirakan cukup, sehingga harga relatif stabil. Seperti harga beras, minyak goreng, tepung, telur ayam dan sejumlah komoditi lainnya.

"Namun demikian, terdapat beberapa komoditi yang terus merangkak naik, seperti daging sapi dan cabe merah. Disebabkan pasokan hewan ternak lokal yang belum dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Sedangkan cabe disebabkan berakhirnya musim panen raya cabe lokal, yang mengakibatkan meningkatnya permintaan cabe merah dari luar," ungkapnya.

Terkait lonjakan harga bahan pokok, Bupati juga berpesan agar Disperindag tidak boleh lengah dan terus melakukan pengawasan.

Diyakini Bupati, tingginya permintaan masyarakat akan menyebabkan adanya upaya penimbunan dari spekulan yang memanfaatkan momentum jelang bulan Ramadhan maupun hari besar keagamaan lainnya.

"Kami intruksikan kepada Disperindag untuk terus berkoordinasi dengan Kepolisian. Mengingat saat ini, jajaran Polri telah membentuk satgas khusus pemantauan distribusi dan harga sembilan bahan pokok di masyarakat," imbaunya.

Selain Plt. Sekda, rakor yang diikuti sedikitnya 41 orang peserta ini juga dihadiri Kepala Satuan OPD, Camat Se-Bengkalis, distributor kebutuhan pokok, agen elpiji, dan pemilik SPBU ataupun APMS di wilayah Bengkalis. (d'ari)

BERITA LAINNYA
DPRD Bengkalis Sahkan Tiga Perda Melalui Paripurna
Selasa, 15 Agustus 2017 | 11:09
BERIKAN KOMENTAR
Top