Bupati Amril: Pendidikan Karakter Pondasi dan Ruh Pendidikan

Rabu, 03 Mei 2017 | 03:38
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Bupati Bengkalis, Amril Mukminin memaknai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2017 sebagai spirit dalam percepatan 
pendidikan yang merata dan berkualitas.

"Momen Hardiknas kali ini sebagai semangat perjuangan Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Pendidikan Nasional dalam memperoleh pendidikan yang merata dan berkualitas. Sampai hari ini, gagasan dan pemikiran beliau tetap relevan dan menujadi acuan bagi pembangunan pendidikan nasional kita," kata Amril saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhajir Effendy.

Amril mengatakan itu saat menjadi Inspektur Upacara sempena Hardiknas di Lapangan Tugu Bengkalis, Selasa (02/05/2017). Dijelaskan Amril, diantara pemikiran Ki Hadjar Dewantara adalah, Panca Dharma yaitu pendidikan perlu beralaskan kemerdekaan, kodrat alam, kebudayaan, kebangsaan dan kemanusiaan.

Dalam hal kepemimpinan pendidikan, Ki Hadjar Dewantara juga mengajukan konsep yang dirumuskan dalam bahasa Jawa "Ing ngarso sung tuladha, in madya mangun karso, tut wuri handayani. "Yang artinya apabila di depan memberi teladan, ditengah memberi inspirasi, dan apabila di belakang memberi dorongan", terangnya.

Mantan Kepala Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir itu menambahkan, perlu reformasi pendidikan dalam tataran konseptual maupun manajerial. Yaitu pendidikan karakter menjadi pondasi dan ruh pendidikan.

"Pembentukan karakter harus dimulai dan menjadi prioritas jenjang pendidikan dasar. Sedangkan untuk pendidikan lanjut, peserta didik harus mengaktualisasikan potensi dirinya semaksimal mungkin," terangnya lagi.

Karena diyakini Amril, dengan karakter yang kuat dan kemampuan berdaya saing tinggilah peserta didik masa kini akan sanggup membawa bangsa Indonesia berdiri tegak diantara bangsa maju lainnya.

Reformasi pendidikan nasional ini merupakan program jangka panjang. Untuk itu perlu dilakukan secara sistematis dan bertahap dan di dukung seluruh elemen pemerintahan dan pendidik di semua tingkatan.

"Mari kita singsingkan lengan baju untuk menggerakkan reformasi pendidikan nasional. Semoga hasilnya berbuah manis, walaupun bukan kita yang menikmatinya, tapi niscaya anak cucu kita yang bakal menikmatinya," pungkasnya.

Peringatan Hardiknas yang diikuti Aparatur Sipil Negara, TNI/Polri, mahasiswa, pelajar dan organisasi kemasyarakatan ini dimeraihkan dengan penampilan marching band dari SMPN 4 Bengkalis, SDN 43 Sungai Alam dan SMPN 2 Bengkalis.

Selain Bupati Amril, upacara Hardiknas diikuti Kapolres Bengkalis, AKBP Hadi Wicaksono, Dandim 0303 Bengkalis, Letkol Inf Rizal Faizal Helmi, Kajari Rahman Dwi Saputra, Wakil Ketua DPRD Indra Gunawan, Ketua TP PKK Kasmarni Amril, Ketua MUI Amrizal Isa, dan sejumlah pejabat teras lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis. (d'ari)



BERITA LAINNYA
Tahun Ini Giliran Bengkalis Tampil di TMII Jakarta
Kamis, 14 Desember 2017 | 21:15
Bupati Amril: Orang Bijak Taat Bayar Pajak
Selasa, 12 Desember 2017 | 17:29
Kabupaten Bengkalis Peringkat II KI Award Riau 2017
Kamis, 07 Desember 2017 | 14:16
BERIKAN KOMENTAR
Top