• Home
  • Siak
  • Taman Tengku Syarifah Aminah Siak Dapat Penghargaan Pelopor RBRA

Taman Tengku Syarifah Aminah Siak Dapat Penghargaan Pelopor RBRA

Jumat, 22 Oktober 2021 | 15:27
dsk
SIAK, RIAUGREEN.COM - Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, dan Permukiman (PU Tarukim) Kabupaten Siak, Irving Kahar Arifin sangat bersyukur karena Taman Tengku Syarifah Aminah (TSA) mendapat penghargaan sebagai pelopor Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA). Dalam penilaian ini, taman TSA memperoleh nilai 405 dari tim penilai Jakarta. 

“Alhamdulillah, penghargaan ini sangat berkesan bagi kami, sebab diterima pada Hari Ulang Tahun (HUT) kabupaten Siak ke 22, 12 Oktober lalu. Ini menjadi kado terindah untuk masyarakat kabupaten Siak,” ungkapnya. 

Taman TSA terletak di jalan Sultan Ismail, tepian Sungai Siak, Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Siak. Lokasi taman ini hanya berjarak sekitar 600 meter dari istana Siak dan 350 meter dari makam Sultan Syarif Kasim II. 

Taman ini sangat teduh karena rindangnya pohon-pohon pelindung yang mengepung taman. Rumputnya hijau terawat, dengan track pejalan kaki yang sangat indah. Di tengah taman terdapat banyak tempat duduk dan arena permainan anak. Taman ini ramai dikunjungi masyarakat di sore hari, untuk mengajak anak bermain di sana. 

Fasilitas permainan anak sangat memadai, seperti beberapa unit luncuran, ayunan, kuda-kudaan, hingga terowongan yang dicat mencolok. Setiap pagi taman ini dibersihkan oleh petugas kebersihan taman. 

Irving Kahar menjelaskan, taman pelopor RBRA di Indonesia yang tertinggi nilainya diperoleh oleh Jakarta Selatan. Nilainya hanya terpaut 40 poin dari Siak, yakni 445 poin. 

“Hanya terpaut 40 poin dari Jakarta Selatan, ini tentu menjadi PR bagi kita semua untuk memperbaikinya,” kata dia. 

Menurutnya, pautan nilai dengan Jakarta Selatan yang tidak terlalu jauh bukan masalah penting. Karena tujuan taman TSA dibangun untuk menjadi tempat bersantai dan bermain anak.

“Fokus kita pada tujuan itu dan semoga tujuan itu telah tercapai. Selalu cintai taman kita, dengan menjaga kebersihan dan tidak merusak tanaman dan fasilitas yang ada,” kata dia.

Penghargaan tersebut membuat Irving bersemangat dalam membangun dan memelihara taman yang terdapat di Siak. Selain taman TSA di Siak juga terdapat taman Sri Bijuangsa, yang terletak di depan kelenteng Hokc Siu Kiong, taman Tengku Agung di bawah jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah, taman rusa yang terletak tidak jauh dari masjid Sultan Syarif Hasyim kompleks Islamic center, taman Syarifah Sembilan di pusat kota Sungai Apit, serta taman lainnya di setiap kecamatan di kabupaten Siak.

“Visi kabupaten Siak untuk menjadi destinasi wisata unggulan di pulau Sumatra juga didorong dengan pembangunan taman serta pemeliharaannya,” pungkasnya. (Infotorial)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top