• Home
  • Siak
  • Rapat Percepatan Penyusunan Laporan Keuangan Daerah Kabupaten Siak T.A 2020

Rapat Percepatan Penyusunan Laporan Keuangan Daerah Kabupaten Siak T.A 2020

Jumat, 22 Januari 2021 |
dsk
SIAK, RIAUGREEN.COM - Kabupaten Siak merupakan salah satu entitas pelaporan yang berkewajiban menyelenggarakan akuntansi dan laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dengan menyusun laporan keuangan berupa Laporan Realisasi Anggaran, Neraca, Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas dan Catatan atas Laporan Keuangan.

Dalam upaya itu, hari ini, Kamis (21/01/2021) Bupati Siak Alfedri memimpin secara langsung Rapat Percepatan Penyusunan Laporan Keuangan Daerah Kabupaten Siak Tahun Anggaran 2020 di Ruang Rapat Raja Indra Pahlawan, Lt. II Kantor Bupati Siak.

Selain untuk percepatan proses penyusunan Laporan Keuangan OPD menuju Laporan Keuangan Daerah, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempersiapkan berbagai macam data yang dibutuhkan sebagai tindak lanjut pemeriksaan keuangan yang telah dilakukan oleh BPKP Provinsi Riau pada tahap awal.

"Perlu menjadi perhatian kita bersama, bahwa Kabupaten Siak berhasil menjadi yang terbaik dalam penyusunan laporan keuangan, dan ini harus dapat kita pertahankan bahkan kita tingkatkan. Terutama data-data yang menjadi atensi BPKP harus kita siapkan dan sajikan secara baik," sebut Bupati Alfedri saat membuka rapat.

Ia menambahkan, bahwa sesuai jadwal yang telah di tetapkan sebelumnya, pada tanggal 5 Maret 2020 laporan keuangan di sampaikan kepada Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi Riau.

"Seperti terjadwal bahwa tanggal 5 Maret 2020 laporan keuangan harus sudah kita sampaikan ke BPKP, untuk itu saya minta saudara Pimpinan OPD untuk segera menyelesaikan laporan keuangan masing-masing OPD sebelum tanggal 5 Maret," harapnya.

Alfedri juga mengatakan bahwa Laporan Keuangan yang disusun dan disajikan dengan basis akrual diharapkan akan mampu menyajikan informasi keuangan yang transparan, akurat dan akuntabel.
"Harapan kita bersama, agar Laporan Keuangan kita bukan hanya cepat, namun berbasis akrual yang mampu menyajikan informasi keuangan yang transparan, akurat, dan akuntabel. Sekaligus saya berharap laporan aset barang milik daerah juga dapat segera tersusun dengan baik," pungkasnya.

Giat ini turut di hadiri oleh Kepala Dinas, Kepala Badan dan Kantor, Kepala Bagian, Camat, Pejabat Eselon III dan IV serta Pejabat Pengelola Keuangan dan pengelola Barang/aset di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak.(infotorial)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top