• Home
  • Siak
  • Belanja di E-Warung, 756 Keluarga Pra Sejahtera di Kelurahan Minas Jaya Nikmati Program Bantuan Pangan Non Tunai.

Belanja di E-Warung, 756 Keluarga Pra Sejahtera di Kelurahan Minas Jaya Nikmati Program Bantuan Pangan Non Tunai.

Kamis, 04 Juli 2019 | 13:48
SIAK, RIAUGREEN.COM - Sebanyak 756 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kelurahan Minas Jaya Kecamatan Minas menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang disalurkan untuk Wilayah I Tahap I Tahun 2019. Bantuan Pangan Non Tunai yang disalurkan tersebut berbentuk bahan pangan senilai 110 ribu rupiah per Kepala Keluarga setiap bulannya.

Penyaluran bantuan dilaksanakan sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat, yang menekankan bahwa setiap Bantuan Sosial dan Subsidi akan disalurkan secara Non Tunai melalui  sistem perbankan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Siak Alfedri saat menghadiri Launching Perdana Kartu Keluarga Sejahtera dan penyerahan Bantuan Pangan Non Tunai Bagi Masyarakat Pra Sejahtera Kabupaten Siak di Kelurahan Minas Jaya, Selasa (2/7/19).

"Bantuan Pangan Non Tunai tahun ini diberikan kepada 7.716 Keluarga Penerima Manfaat, 4.583 diantaranya penerima Bansos Program Keluarga Harapan dan sisanya 3.133 penerima kategori non Program Keluarga Harapan. Khusus untuk Kecamatan Minas, Keluarga Penerima Manfaat sejumlah Minas berjumlah 756 Keluarga Penerima Manfaat" kata Alfedri.

Bantuan tersebut kata dia akan disalurkan melalui mekanisme akun elektronik, yang dapat digunakan hanya untuk membeli komoditi pangan Beras dan Telur melalui agen-agen e-warung yang telah ditunjuk.
 
"Untuk itu Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Sosial telah bekerja sama dengan Bank Mandiri untuk menetapkan 134 agen e-warung yang tersebar di setiap kampung dan kelurahan" sebutnya.

Agen e-Warung yang telah ditetapkan tersebut kata dia, akan difasilitasi mesin EDC (Electronic Data Capture) yang dapat digunakan oleh Keluarga Penerima Manfaat untuk melakukan transaksi belanja, untuk  memberi kemudahan pelayanan berbelanja secara elektronik.

Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ini sebut orang nomor satu Negeri Istana itu, bertujuan untuk membantu mengurangi beban pengeluaran Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan.

"Selain itu Peluncuran Program BPNT ini sesuai tujuan awalnya merupakan upaya untuk membantu memberikan nutrisi yang lebih seimbang, meningkatkan ketepatan sasaran dan waktu penerimaan bantuan pangan, serta memberikan lebih banyak pilihan dan kendali kepada Keluarga Penerima Manfaat untuk memenuhi kebutuhan pangan" jelasnya.

Pemimpin Siak itu secara khusus mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada pihak Kepolisian terutama kepada Polda Riau dan Polres Siak, selaku Satuan Tugas Daerah Bantuan Sosial Provinsi Riau dan Kabupaten Siak. Dimana melalui pelaksanaan MoU atau kerjasama antara Kementerian Sosial dengan Pihak Polri beberapa waktu yang lalu, telah dibentuk Satgas Bansos Pangan disetiap Kabupaten dan Kota.

"Terimakasih kepada Bapak Wakapolda selaku Kasatgas Bansos Provinsi Riau dan Bapak Wakapolres Siak selaku Kasatgas Kabupaten Siak. Pengawasan dan pengamanan yang dilaksanakan oleh Kepolisian dalam hal ini sangat membantu realisasi penyaluran Program Bantuan Pangan Non Tunai kepada Keluarga Penerima Manfaat" ucapnya.

Alfedri juga menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) kepada semua pihak yang terlibat baik Kementerian Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Siak, Satgas Bansos Pangan, Perum Bulog, Tikor Kecamatan, Pelaksana Distribusi Kampung dan Kelurahan, serta para Pendamping Bansos Pangan di tingkat Kecamatan, Kampung dan Kelurahan.

"Semoga apa yang kita laksanakan menjadi catatan amal ibadah dan diganjar pahala disisi Allah SWT" doanya.

Pada Tahun 2019 ini, berdasarkan Surat Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Wilayah I Kementerian Sosial melaksanakan perluasan penyaluran BPNT Tahap I Bulan Juni Tahun 2019, kepada sebanyak 53 Kabupaten di Wilayah I, yaitu untuk Pulau Sumatera dan Jawa Barat.

Untuk Provinsi Riau, sebagai pelaksana BPNT Tahap I Bulan Juni Tahun 2019, Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Indragiri Hulu ditunjuk sebagai pelaksana program bantuan setelah sebelumnya pada Tahun 2017 Kota Pekanbaru dan pada Tahun 2018 Kota Dumai dan Kabupaten Kuantan Singingi juga ditunjuk untuk program yang sama. (zul)

Loading...
BERITA LAINNYA
BPN ICI Siak Minta Pemkab Perhatikan Media di Siak
Kamis, 14 November 2019 | 16:12
Masyarakat Keluhkan PLN Mati, Konsumen Dirugikan
Kamis, 07 November 2019 | 10:11
Visi dan Misi Rofai, Calon Kades yang Bersahaja
Kamis, 24 Oktober 2019 | 17:59
BERIKAN KOMENTAR
Top