• Home
  • Siak
  • 20 Mahasiswa UGM Kuliah Kerja Nyata di Kabupaten Siak

20 Mahasiswa UGM Kuliah Kerja Nyata di Kabupaten Siak

Selasa, 02 Juli 2019 | 16:33
SIAK, RIAUGREEN.COM - Sekretaris Daerah Kabupaten Siak TS Hamzah, Senin (1/7/2019) menerima kedatangan 20 mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang akan melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM)
 
20 mahasiswa itu datang bersama dosen pembimbing lapangan, Joko Nugroho. Mereka hendak melaksanakan KKN dengan program pemberdayaan masyarakat khususnya pertanian dilahan gambut. Mengingat Bungaraya merupakan salah satu lumbung  padi di Siak.

Joko Nugroho selaku Dosen Pembimbing Lapangan mengatakan bahwa KKN dilaksanakan selama dua bulan. Para mahasiswa tersebut terdiri dari 8 fakultas yakni, Fisipol, Teknik, Filsafat, Fakuktas Ilmu Budaya, Geografi, Biologi, Hukum dan FMIPA.
 
"Sasarannya ada dua tempat, yakni Kampung Jatibaru dan Kampung Tuah Indrapura. Mereka akan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah kepada masyarakat" ucapnya.
 
Joko Nugroho selaku Dosen Pembimbing Lapangan UGM meyakini bisa menghasilkan sesuatu yang yang berguna baik bagi masyarakatnya maupun mahasiswa sendiri. Kemudian fokusnya pada bidang pertanian dan sosial masyarakat.

Menurut informasi yang ia terima ada 3 hal yang bisa dikembangkan di Kabupaten Siak, yaitu pertanian, agrowisata dan gaharu. Ia berharap mahasiswa bisa melakukan penelitian sekaligus pembelajaran untuk mengembangkan potensi tersebut.

Sekretaris Daerah Kabupaten Siak TS Hamzah menyambut baik kedatangan para mahasiswa dan dosen pendamping yang melakukan KKN di negeri istana. Kemudian menyampaikan selayang pandang kondisi Kabupaten Siak.

Menurutnya, peran nyata KKN-PPM UGM diharapkan dapat mendukung upaya Pemkab Siak dalam mengembangkan sektor dan potensi unggulan yang ada, serta mampu berinteraksi dengan masyarakat sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki.

Ia berterima kasih, mahasiswa UGM bersedia melaksanakan KKN di Siak dengan menyasar bidang pertanian dan sosial masyarakat. Tentunya diharapkan bisa mendorong kemandirian masyarakat sehingga tercapainya kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir pada kesempatan itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Budi Yuwono, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Kampung Yurnalis, Kakan Kesbangpol, Sekretaris Dinas Kominfo, Sekcam Bungaraya dan Penghulu Jatibaru. (zul)

Loading...
BERITA LAINNYA
Pengadilan Negeri Siak dan Wartawan Temu Ramah
Selasa, 20 Agustus 2019 | 16:48
BERIKAN KOMENTAR
Top