• Home
  • Siak
  • Bupati Siak Dukung Penyelarasan RPJMD Riau 2019-2024

Bupati Siak Dukung Penyelarasan RPJMD Riau 2019-2024

Selasa, 02 Juli 2019 | 16:32
SIAK, RIAUGREEN.COM - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk membahas RPJMD Provinsi Riau Tahun 2019-2024 berlangsung di Hotel The Premiere Pekanbaru, dan buka secara resmi oleh Gubernur Riau Syamsuar, Senin (01/07/19). Hadir dalam acara tersebut seluruh unsur yang berkepentingan diantaranya para kepada daerah, akademisi serta sejumlah tokoh masyarakat Riau.

Usai pertemuan, Bupati Siak Alfedri menceritakan sesuai Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, kepala daerah mempunyai tugas menyusun RPJMD sebagai penjabaran dari Visi Misi dan Program Kerja kepala daerah, yang memuat tujuan sasaran dan strategi arah kebijakan pembangunan dan keuangan daerah serta program kerja perangkat daerah.

"Musrenbang ini dilaksanakan untuk menyempurnakan penjabaran visi misi dan sasaran strategi sebagai awal dari kebijakan pembangunan. Terkait itu untuk penyempurnaan RPJMD, diperlukan masukan dan saran dari seluruh elemen daerah," kata Alfedri.

Selain itu sebutnya, agenda pertemuan tersebut juga membahas penajaman, penyelarasan dan klarifikasi atas kebijakan dan Program Pemerintah Daerah Kabupaten Kota dan Pemerintah Provinsi Riau, sehingga tercapai kesepakatan materi RPJMD Provinsi Riau 2019-2024.

"RPJMD kita juga harus selaras dengan RPJMD Provinsi Riau, sebagai bentuk dukungan program pembangunan daerah dilingkup Provinsi Riau. Diantaranya untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, pembangunan imprastruktur yang merata, ekonomi yang berdaya saing, serta pembangunan pariwisata dan tata kelola pemerintahan yang baik," ungkapnya.

Gubernur Riau dalam arahannya mengatakan, dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Provinsi Riau Tahun  2019-2024, salah satu tahapan dalam menyusun rencana pembangunan dilakukan melalui pendekatan partisipatif dengan melibatkan masyarakat dan pemangku kepentingan, untuk mendapatkan masukan terhadap tujuan, sasaran dan strategis.

"Arah kebijakan dan pembangunan daerah telah dirumuskan dalam rancangan RPJMD. Melalui Musrembang ini akan dihasilkan dokumen RPJMD yang berkualitas sebagai bentuk penjabaran visi pembangunan Pemerintah Provinsi Riau," terangnya. (zul)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top