• Home
  • Siak
  • Akses untuk Mendapatkan Hasil Pemilu di Siak Harus Dipermudah dari Tingkat Paling Rendah

Akses untuk Mendapatkan Hasil Pemilu di Siak Harus Dipermudah dari Tingkat Paling Rendah

Sabtu, 20 April 2019 | 13:47
SIAK, RIAUGREEN.COM -- Seharusnya penyelenggara pemilu mulai dari tingkat paling bawah seperti PPS yang menangani TPS harus mengerti dengan akses tersebut sebagaimana yang diamanatkan Undang - undang pemilu nomor 07 tahun 2017.

Hal ini dikatakan tokoh - tokoh masyarakat seperti Masno dan Herman kepada riaugreen.com di Siak Sabtu (20/4/2019), dikatakannya sebagaimana diamanat di dalam undang - undang pemilu pada pasal 391 jelas tertera petugas PPS harus menempelkan hasil TPS-TPS hasil perhitungan suara di tempat umum, dengan cara ditempelkan hasil perhitungan suara di tempat umum tersebut ini lah masyarakat yang memberikan hak pilihnya dapat melihat secara transparan.

Ditambah lagi amanat dalam undang - undang tersebut pada pasal 508 bagi anggota PPS yang tidak mengumumkan hasil dari TPS sebagaimana dimaksud pada pasal 391 dapat diancam kurungan 1 tahun penjara dan denda Rp.12.000.000 ( dua belas juta rupiah).

Menurut kedua tokoh tersebut kiranya akses untuk memperoleh informasi dari TPS ini harus dimengerti dan dipahami oleh petugas PPS yang ada, supaya masyarakat tau dan bisa melihat dan mengawasi secara transparan, harapnya.

Sementara itu ketua KPU Siak Ahmad Rizal SH ditanya tentang undang - undang 07 tahun 2017 tersebut, jawab singkatnya ya itu undang-undang nomor 07 tahun 2017, pesannya singkat. (zul)

Loading...
BERITA LAINNYA
Penyebab Napi Ngamuk dan Bakar Rutan Siak
Sabtu, 11 Mei 2019 | 12:52
BERIKAN KOMENTAR
Top