• Home
  • Siak
  • Jepang Butuh 34 Ribu Tenaga Kerja dari Riau, Syamsuar Sanggupi

Jepang Butuh 34 Ribu Tenaga Kerja dari Riau, Syamsuar Sanggupi

Senin, 28 Januari 2019 | 15:31
SIAK, RIAUGREEN.COM - Kedatangan pengusaha asal Jepang jadi tamu istimewa Bupati Siak  di Komplek Abdi Praja Kediaman Bupati di Siak Sri Indrapura, Kamis (24/01/2019).

President & CEO DSJ Holdings Inc Japan, Izumi Hara inverstor Jepang ini membawa kabar baik perihal rencana kerjasama dibidang ketenagakerjaan di kabupaten Siak dan Provinsi Riau.

Terhitung 1 April 2019 mendatang, perusahaannya yang berada Negeri Sakura itu akan membuka secara masif kesempatan kerja bagi calon tenaga kerja produktif dan berkompeten dari berbagai negara termasuk Indonesia.

Adapun dalam perbincangan itu Bupati Siak Syamsuar menyanggupi jumlah tenaga kerja yang di butuhkan itu mencapai angka 34 ribu orang, dengan wacana tersebut tentu baik bagi putera-puteri Riau dan dimulai dari Kabupaten Siak yang berkeinginan dengan cita-cita bekerja di luar negeri.

Bupati Siak Syamsuar meminta dukungan dalam bentuk pendidikan dan pelatihan bagi calon karyawan terlebih dahulu oleh perusahaan sebelum dikirim berkerja di jepang, pembekalan yang perlu misalnya pengenalan bahasa dan budaya kerja jepang.

Syamsuar membayangkan jika Riau kedepan bisa mengirim 10% saja dari kebutuhan yang diminta, tentu 34 ribu pencari kerja di Bumi Lancang Kuning akan terserap untuk negara Jepang saja, untuk itu Syamsuar ingin kabar baik ini segera disebarluaskan secara resmi.

"Yang diminta bekerja disana nanti mulai dari tamatan SMK jurusan terkait hingga Sarjana yang sesuai kualifikasi tentunya, dan bagi yang berminat bersegeralah persiapkan diri kami sedang menunggu surat resmi secara tertulis agar segera bisa di informasikan secara publik kepada masyarakat secara luas", kata Syam.

Pemkab Siak secara khusus beri apresiasi kerjasama ini karena yang membawa tamu istimewa dari Jepang itu juga anak Riau, yaitu Alexander Mulyadi Putra Kuansing yang saat ini dipercaya menjadi Direktur PT TBI milik perusahaan Jepang di Batam, Data wardhana dosen UIR, dan DR Husnul Kausarian alumni terbaik Chiba University Jepang. (hum)

Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top