• Home
  • Siak
  • Timur Tengah Lirik Investasi di Kabupaten Siak

Timur Tengah Lirik Investasi di Kabupaten Siak

Kamis, 24 Januari 2019 | 23:00
SIAK, RIAUGREEN.COM - Bupati Siak H Syamsuar bertemu Utusan Khusus Presiden RI untuk Timur Tengah dan Organisasi kerjasama Islam (OKI), Dr Alwi Shihab, di kediaman Bupati Siak Komplek Abdi Praja Siak Sri Indrapura, Kamis pagi (24/1/19).

Kehadiran mantan Menteri Luar Negeri era Presiden Abdurrahman Wahid di Negeri Istana ialah untuk membicarakan sejumlah peluang investasi Negara Timur Tengah di berbagai sektor, misalnya terkait pembangunan kepariwisataan dan industri.

Dalam pertemuan itu, Alwi mengungkap saat ini ada kecendrungan ketertarikan pengusaha Timur Tengah untuk berinvestasi di Indonesia, khususnya dibidang pariwisata, migas dan industry. Dalam lawatannya ke Siak Sri Indrapura, Adik kandung Ulama Quraish Shihab itu melihat adanya kecocokan potensi dengan peluang bisnis yang sedang dibidik calon investor.

"Peluang investasi di Riau nomer satu dibidang pelabuhan (KITB), saya lihat pengusaha UEA dan Saudi menunjukkan minat berinvestasi di Indonesia kearah sana. Kedua tourism, Sumatera lebih dekat dari Bali dan Lombok dan menghemat waktu tempuh hingga 4 jam penerbangan, mereka ingin berinvestasi membangun pariwisata berskala besar seperti di Maldives," ungkapnya.

Khusus untuk kepariwisataan kata dia, Riau punya peluang besar jadi lokasi investasi karena letaknya sentral dan punya hubungan kesejarahan dengan Timur Tengah.

"Sumatera lebih dekat ke Timur Tengah daripada Lombok dan Bali, karena itu Arab Saudi sedang mencari lokasi di Pulau Sumatera yang cocok untuk investasi dibidang pariwisata. Tapi itu nanti  tergantung Gubernur Riau kedepan sanggup menyediakan lahan atau tidak," serunya sambil melirik Gubernur Riau Terpilih Syamsuar mengangguk setuju. 

"InsyaAllah, kita berdoa agar peluang investasi pariwisata yang disebutkan pak Alwi nantinya bisa terlaksana di Provinsi Riau," jawab Syamsuar.

Peluang ketiga kata Alwi, adalah potensi investasi dibidang pembangunan refinery untuk kelapa sawit. Beberapa waktu lalu sebut Alwi, pengusaha asal Yaman telah mendirikan kilang minyak di Dumai. 

Pihaknya juga akan menawarkan Siak sebagai lokasi pembangunan kilang selanjutnya. Sepanjang adanya jaminan ketersediaan bahan baku lewat model kerjasama dengan para pemilik Pabrik Kelapa Sawit di Kabupaten Siak.

Bersama Alwi Shihab, hadir pula beberapa orang pengusaha asal Houston Amerika, yang bergerak dalam bisnis pengembangan proyek industri dan energi.  Rombongan ENERPROGROUP yang dipimpin Dr. Frengky Chaniadi, MBA tersebut hadir untuk mempresentasikan peluang kerjasama teknologi Chemical EOR dan Wellbore Stimulation, sebagai solusi meningkatkan produksi minyak perusahaan minyak milik daerah PT Bumi Siak Pusako hingga 20-25 ribu barrel per hari.

Peluang kerjasama BSP dan ENERPROCO tersebut mendapat dukungan positif dari Bupati Siak Syamsuar. Dikatakannya, BSP perlu berbenah dengan teknologi terbaru untuk menjawab tantangan dan marwah anak Riau, sehubungan ditunjuknya BSP sebagai pengelola Blok CPP. 

"kedepan harus ada peningkatan produksi BSP, agar terjaga marwah anak Riau karena mampu mengelola dan melaksanakan tanggungjawab yang telah diberikan pemerintah pusat" sebut Syamsuar.

Di sesi akhir pertemuan, dihadapan Alwi Shihab juga dipresentasikan peluang investasi dibidang industry dan pembangunan pelabuhan oleh M. Suharto, Direktur Kawasan Industri Tanjung Buton. 

Dari sejumlah peluang yang ditawarkan, Utusan Khusus Presiden yang mulai bertugas sejak tahun 2015 untuk Timur Tengah dan OKI itu tampak mencatat sejumlah poin penting untuk di tawarkan di Saudi Arabia, pekan mendatang. (zul) 

Loading...
BERITA LAINNYA
Polsek Bukitraya Bekuk Pelaku Begal Motor
Senin, 15 Juli 2019 | 12:30
BERIKAN KOMENTAR
Top