• Home
  • Siak
  • 91 Kaum Duafa Kecamatan Pusako Terima Zakat

91 Kaum Duafa Kecamatan Pusako Terima Zakat

Jumat, 13 April 2018 | 10:57
SIAK, RIAUGREEN.COM - Sebanyak 91 orang mustahik kecamatan Pusako terima Zakat pola konsumtif dan produktif pada penyaluran Zakat Tahap I tahun 2018 oleh BAZNAS Kabupaten Siak yang di selenggarakan di Masjid Hidayatul Muttaqin, kampung Benayah kecamatan Pusako, Rabu (11/04/18).

Hadir pada acara itu wakil ketua II BAZNAS bidang Pendistribusian  dan Pendayagunaan Dadang Saputra.S.Ag, Camat Pusako Andi Putra, S.STP.M.Si, Danramil, KUA Pusako Najamudin. SHi, Penghulu Kampung, dan masyarakat kecamatan pusako.

Dadang Saputra dalam sambutannya menyampaikan, bahwa diharapkan kepada para Upz kecamatan dan kampung agar bersinergi dengan pemerintahan kecamatan dalam mengembangkan dan meningkatkan pengumpulan zakat di wilayah kecamatan pusako.

"Memang kalau di lihat dari pengumpulan zakat di pusako setiap tahun sudah ada peningkatan, namun kita harus lebih berusaha lagi untuk memaksimalkan pengumpulan dengan cara membuat inovasi baru dalam teknik pengumpulannnya, terang Dadang.

Dirinya membeberkan, penyaluran zakat dikecamatan Pusako pada tahap I tahun 2018 ini berjumlah Rp.89.800.000.- yang di salurkan kepada 2 pola konsumtif dan produktif.

Dengan rincian, untuk pola konsumtif 83 orang dengan nilai total rp.49.800.000.- dan pola produktif 8 orang dengan nilai total 40 juta.

"Kita berharap para mustahik yang menerima zakat ini dapat menggunakan dengan sebaik mungkin, terutama mustahik pola produktif yang bersifat pengembangan usahanya" ujar Dadang.

Senada dengan hal itu, Camat Pusako Andi Putra mengharapkan kepada pihak Upz kecamatan dan kampung agar melakukan sosialisasi zakat kepada warga secara rutin dan melakukan koordinasi secara terus menerus kepada pihaknya untuk meningkatkan pengumpulan zakat di wilayahnya.

"Potensi zakat di kecamatan Pusako ini cukup besar. Kalau potensi ini sama-sama kita gali, artinya melakukan sosialisasi dengan gencar tentang kewajiban berzakat bagi yang punya penghasilan lebih. Ini perlu kita sampaikan secara rutin kepada para calon muzaki," ujar Andi.

Maka dari itu lanjut dia, mari kita secara sama-sama bekerja dalam meningkatkan pengumpulan zakat di kecamatan Pusako ini, agar masyarakat kita yang kurang bernasib baik, lebih banyak lagi terbantu.

Ditemui usai distribusi zakat tersebut, Dadang manambahkan, bantuan zakat pola produktif tersebut bisa berupa ternak hewan dan modal usaha maupun jenis lain seperti alat pertukangan dan peralatan dan usaha kuliner.  

"Usai menerima bantuan, penerimanya tidak lantas bisa lepas dari kemitraan Baznas. Mereka tetap diawasi sampai usahanya berkembang," pungkasnya. (zul)

BERITA LAINNYA
1000 Honorer di Siak Terima Berkah
Jumat, 12 Oktober 2018 | 18:47
Gala Desa Momentum Kejayaan Olahraga Indonesia
Sabtu, 06 Oktober 2018 | 11:55
BERIKAN KOMENTAR
Top