• Home
  • Siak
  • IPNU Riau Silaturrahmi dengan Danrem 031/Wirabima

IPNU Riau Silaturrahmi dengan Danrem 031/Wirabima

Kamis, 14 September 2017 | 13:13
SIAK, RIAUGREEN.COM - Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Provinsi Riau (IPNU Riau) melakukan pertemuan dengan Komandan Korem (Danrem) 031/Wirabima Riau pada Rabu, (13/09/2017) di Ruang Tamu Markas Komando Resort Militer (Makorem) dalam rangka menjalin Silaturahmi antara Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dengan Komando Resort Militer (Korem) 031/Wirabima).

Dalam pertemuan ini dibahas berbagai permasalahan-permasalahan kebangsaan yang terkait dengan nasionalisme dan radikalisme.

Dalam penyampaiannya, Lutfi Arifiyandi yang merupakan wakil ketua IPNU Riau menyampaikan niatan mereka mengadakan silaturahmi tersebut. Lutfi sebagaimana ia biasa disapa mengatakan bahwa tujuan mereka datang ke Makorem adalah untuk menyamakan persepsi antara IPNU dan Danrem selaku komandan di Makorem 031/Wirabima.

"Pertama-tama pak, kami dari IPNU Riau ingin mengucapkan selamat untuk bapak atas pelantikan kemarin. Kami cukup antusias dengan kehadiran bapak di riau dengan latar belakang bapak yang memang putra kelahiran riau. Kemudian pak, kami juga hadir disini untuk menjalin silaturahmi antara anak dan bapak untuk menyatukan persepsi terkait dengan kondisi kebangsaan kita," Kata lutfi.

Ia juga menyampaikan bahwa IPNU sebagai banom (Badan Otonom) NU sangat konsen untuk menjaga kebhinnekaan yang ada dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.

"Kita kan banom nya NU pak, jadi kita sangat konsen dengan kebhinnekaan bangsa ini dalam rangka menjaga keutuhan NKRI pak. Tentunya hal ini juga merupakan konsen dari TNI. Jadi menurut kami pak, kita perlu untuk bersama-sama menyatukan pemikiran kita bagaimana untuk bisa menangkal bahaya-bahaya radikal yang dapat mengancam keutuhan bangsa kita ini. Kita juga tidak boleh lupa sejarah bagaimana NU dan TNI itu selama ini memiliki konsen yang sama untuk menjaga keutuhan bangsa. Sejak zaman penjajahan, NU sudah ikut dalam perjuangan kemerdekaan indonesia dan bahkan sampai hari ini masih terus komitmen untuk membantu TNI selaku pertahanan negara untuk menangkal faham-faham radikal yang dapat mengancam keutuhan negeri kita," Lanjut lutfi.

Kemudian, menanggapi penyampaian IPNU itu Danrem 031/Wirabima bapak Brigjend. Edy Afrizal Nasution menyampaikan bahwa pihaknya sangat berterimakasih atas kunjungan ini. Karena menurutnya hal itu adalah sebuah rahmat dari Allah SWT yang harus dimanfaatkan agar bisa menjadi nikmat.

"Pertama saya mengucapkan terimakasih atas rahmat Allah ini. Saya anggap pertemuan semacam ini merupakan sebuah rahmat bagi kita semua dapat dipertemukan disini," ucapnya.

Dalam penyampaiannya, pak Edy juga mengatakan agar hal ini terus di follow up agar rahmat dalam bentuk silaturahmi IPNU dan Korem sore itu bisa menjadi nikmat dikemudian hari.

"Tapi, kita harus ingat, tidak semua rahmat Allah bisa menjadi nikmat. Jadi kedepannya kita harus bisa menjadikan rahmat sore hari ini menjadi nikmat dikemudian hari. Diskusi kita ini harus terus kita follow up bersama agar kedepannya kita bisa menyatukan pandangan kita," Lanjutnya.

Menanggapi hal tersebut, Saddam Orbusti Ritonga yang merupakan Ketua IPNU Kota Pekanbaru mengatakan bahwa IPNU sudah memiliki konsep pemikiran bagaimana agar hasil diskusi tersebut tidak hanya menjadi konsep semata.

"Jadi pak, kalau masalah follow up kedepan pak kita sudah menyiapkan beberapa konsep bagaimana kedepannya kita bisa sama-sama untuk menangkal radikalisme yang dapat mengancam keutuhan bangsa ini,".

"Kita tidak bisa pungkiri bahwa sebenarnya sasaran faham-faham radikal itu kebanyakan adalah kalangan muda yang masih minim pemahaman kebangsaannya. Jadi kami berharap nantinya kita akan sama-sama melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah khususnya pondok pesantren yang notabene nya merupakan basis NU tanpa mengenyampingkan kampus-kampus perguruan tinggi agar bagaimana para pelajar/santri dan para mahasiswa memiliki pemahaman nasionalisme yang mumpuni". Tutup saddam.

Kemudian Danrem 031/Wirabima bapak Brigjend Edy Afrizal Nasution menanggapi dengan antusias konsep itu.

"Saya sangat antusias dengan konsep itu. Karena saya juga pernah lakukan hal seperti itu ketika saya tugas di Jember dan juga di daerah lainnya. Maka kedepannya saya meminta ananda sekalian untuk bisa koordinasi dengan staf saya agar hal ini bisa kita wujudkan bersama. Yang penting bagi kita adalah NKRI itu harga mati," Tutupnya. (zul)

BERITA LAINNYA
Masyarakat Pusako Inginkan Kantor Polsek Dibangun
Selasa, 19 September 2017 | 13:38
Peserta Rakor Rabies se-Sumatera Kunjungi Istana Siak
Minggu, 17 September 2017 | 11:35
Alfedri Hadiri Rakernas di Jakarta bersama Jokowi
Jumat, 15 September 2017 | 11:54
Alfedri Ajak IKMR Membangun Daerah
Kamis, 14 September 2017 | 13:20
IPNU Riau Silaturrahmi dengan Danrem 031/Wirabima
Kamis, 14 September 2017 | 13:13
Empat Puskesmas Ini Bakal Naik Kelas
Senin, 11 September 2017 | 21:47
BERIKAN KOMENTAR
Top