• Home
  • Siak
  • Wakil Bupati Siak Canangkan 13 Kampung KB

Wakil Bupati Siak Canangkan 13 Kampung KB

Jumat, 08 September 2017 | 11:35
SIAK, RIAUGREEN.COM - "Salam KB," ucap Alfedri diawal sambutannya. Kemudian dijawab oleh para undangan yang hadir, "Dua anak cukup, bahagia dan sejahtera, laki-laki dan perempuan jangan dibedakan dan termasuk para kader kampung KB Buatan I".

Alfedri meminta kepada seluruh Camat dan  Penghulu untuk mendorong warganya menyukseskan Program Kampung KB. Hal itu disampaikanya pada Pencanangan Kampung KB di halaman kantor Penghulu Kampung Buatan I, Dusun Teluk Rimba, Koto Gasib, Kamis (07/09/2017) pagi.

"Kampung KB, ini merupakan bentuk kegiatan terpadu kemudian dikembangkan sebagai inovasi publik dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

13 kecamatan di Siak telah kita canangkan menjadi kampung KB. Hal ini dilakukan untuk pemerataan jumlah penduduk, yang berdampak pada pemerataan pembangunan ekonomi, sehingga akan membawa masyarakat pada tingkat kesejahteraan yang lebih baik.

Sementara Kepala BKKBN Riau Yenrizal Makmur mengatakan Pencanangan Kampung KB ini merupakan program Pemerintah yang telah dijalankan sejak Januari 2016 dan pertama kali dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo di Kabupaten Cirebon.

Pembentukan Kampung KB dimaksudkan agar manfaat dari program KB dapat langsung dirasakan oleh masyarakat terutama yang ada di daerah miskin, padat penduduk, wilayah aliran sungai, terpencil atau perbatasan, kawasan industri dan dengan akses pelayanan kesehatan yang minim.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara kegiatan pencanangan Kampung KB Kadri Yafis mengatakan, kampung KB ini merupakan program Inovasi yang dilaksanakan oleh BKKBN dalam rangka mewujudkan program pemerintah yaitu membangun negara dari pinggiran.

Dilanjutkan Kadri,  BKKBN membuat roadmap 1 kecamatan 1 Kampung KB, sehingga seluruh kecamatan memiliki 1 kampung KB.

13 kampung KB diseluruh kecamatan itu antara lain, Tumang, Kota Ringin, Lubuk Tilan, Buatan I, Jayapura, Selat Guntung, Tanjung Kuras, Perincit, Harmonis, Gabung Makmur, Bencah Umbai, Minas Timur, dan Kandis.

Masih kata Kadri, untuk kampung Tualang tahun 2016 lalu telah di tetapkan sebagai kampung KB, karena jumlah penduduk dan wilayah yang lebih besar. Kegiatan ini bersumber dari dana APBN perwakilan BKKBN riau tahun 2017.

Setelah peresmian Kampung KB, dilanjutkan dengan penandatangan prasasti kampung KB oleh Wakil Bupati Siak, penyerahan BKB Kit serta Genre Kit, Penyerahan piagam penghargaan dan tropi lomba, dan kegiatan  pelayanan KB untuk masyarakat kampung Buatan I.

Turut hadir Camat Koto Gasib selaku tuan rumah, Plt Penghulu Buatan I, Kepala Kependudukan dan Keluarga Berencana Propinsi Riau, Kapolsek Koto Gasib, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Siak Rasidah Alfefri, para Camat beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, dan sejumlah Penghulu. (zul)

BERITA LAINNYA
Masyarakat Pusako Inginkan Kantor Polsek Dibangun
Selasa, 19 September 2017 | 13:38
Peserta Rakor Rabies se-Sumatera Kunjungi Istana Siak
Minggu, 17 September 2017 | 11:35
Alfedri Hadiri Rakernas di Jakarta bersama Jokowi
Jumat, 15 September 2017 | 11:54
Alfedri Ajak IKMR Membangun Daerah
Kamis, 14 September 2017 | 13:20
IPNU Riau Silaturrahmi dengan Danrem 031/Wirabima
Kamis, 14 September 2017 | 13:13
Empat Puskesmas Ini Bakal Naik Kelas
Senin, 11 September 2017 | 21:47
BERIKAN KOMENTAR
Top