• Home
  • Siak
  • Sapi Brahman Cross Sangat Berpotensi untuk Dikembangkan di Kabupaten Siak

Sapi Brahman Cross Sangat Berpotensi untuk Dikembangkan di Kabupaten Siak

Rabu, 09 Agustus 2017 | 13:35
Sapi Brahman Cross
SIAK, RIAUGREEN.COM - Pemerintah Kabupaten Siak mengapresiasi kepada kelompok tani yang telah berhasil mengembangkan 160 iduk sapi brahman cross, menghasilkan 15 Pedet (anak sapi). Bantuan Induk sapi brahman cross dari Australia ini merupkan program nasional, Yang bertujuan upaya mensabilkan harga daging sapi secara nasional dan juga Kabupaten kota mampu berkontribusi bagi pembangunan peternakan nasional serta percepatan swasembada daging.

Kepala Dinas Perikanan dan Perternakan Kabupaten Siak Susilawati sesusai acara penadatangan MOu antara Pemkab Siak dengan Bank Indonesia perwakilan Riau tentang program pembibitan sapi brahman cross kemarin Senin di Dayun mengungkapkan, Sapi brahman cross merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat yang dilaksanakan pada akhir tahun 2016 berjumlah 160 ekor, yang terseber di lima kecamatan berada di tujuh kelompok Tani.

"Kita akan terus berupaya membantu para kelompok tani dalam meningkatkan populasi sapi, serta menaikan produksi ternak dengan upaya melalui Program UPSUS SIWAB Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting yang telah berjalan saat ini juga saat ini kita juga telah menerapkan program (Inseminasi Buatan (IB) serta Intensifikasi Kawin Alam (IKA). Saat ini polasi Sapi dikabupaten siak keseluruhan berjumlah 22,133 ribu ekor, terdiri dari sapi bali dan sapi BC.
 
"Untuk kecamatan yang menerima adalah Kecamatan Siak, Kandis, Tualang, Dayun dan Kerici Kanan. Berkat ketekunan para petani dalam memelihara sapi BC serata pengawasan, pengawal yang di lakukan oleh para Babinkantimas TNI AD, yang semula jumlah induk sapi brahman cross 160 ekor, pada pertengahan juli kemarin sudah mendapatkan 15 ekor pedet (anak sapi) saat ini keseluruhan BC berjumlah 175 ekor".

Di libatkankannya TNI sebagai pengawal ternak sapi Brahman Cross TNI Angkatan Darat sudah melakukan MOu dengan Direktur Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan didalam pengawalan, pengawasan ternak sapi Brahman Cross ini. Pada tahun 2016 ini pengadaan sapi Brahman Cross dari kementrian pertanian hanya diberikan kepada tiga Provinsi saja, yaitu Provinsi Sumatera Utara, Aceh dan Riau. Sedangkan dari lima kabupaten di riau yang menerima sapi Brahman Cross salah satunya Kabupaten Siak.

Dalam waktu dekat sapi Brahman Cross ini akan lahir lagi dari laporan yang disampaikan dari setiap Kelompok yang memelihara sapi BC Kelompok Tani Makumur Dayun kebuntinganya 90 % Kelompok Tani Darma Bakti Kerinci Kanan kebuntinganya 40%, Kelompok Lembu Sejahtera Siak Kebuntingannya  30% Kelompok Mudi Rahayu 50% Anugrah Tani Maju 25% Kelompok Tani Mutiara di Tualang 20% Kelompok Sinar Tani 80%. (zul)

BERITA LAINNYA
Belasan CSO ‘Keroyok’ Kabupaten Siak Hijau
Rabu, 27 September 2017 | 14:23
Syamsuar: Kalau dapat Untung, Jangan Lupo Sedekah!
Rabu, 27 September 2017 | 14:18
BERIKAN KOMENTAR
Top