• Home
  • Siak
  • UMRI dan Pemkab Siak Tandatangani MoU

UMRI dan Pemkab Siak Tandatangani MoU

Senin, 15 Mei 2017 | 11:48
SIAK, RIAUGREEN.COM - Bupati Siak H Syamsuar lakukan Penandatanagan Kerja Sama (MOU) antara UMRI dan Pemkab Siak, sekaligus juga menjadi narasumber dalam pembekalan bagi para peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) angkatan ke-7, bertempat di Auditorium Kampus I UMRI, Minggu (14/5/17).

Dalam kesempatan itu paparan yang akan disampaikan Syamsuar bertemakan "Peran Perguruan Tinggi dalam Pemberdayaan Masyarakat : Perspektif Pemerintah Daerah".

Dalam paparannya Syamsuar menerangkan tentang defenisi pemberdayaan masyarakat, stakeholders pemberdayaan masyarakat, faktor penyebab perlunya pemberdayaan masyarakat, tujuan pemberdayaan masyarakat, hingga peran perguruan tinggi yang diharapkan dalam pemberdayaan masyarakat.

"Peran perguruan tinggi dalam pemberdayaan masyarakat salah satunya adalah melakukan penelitian penemuan teknologi tepat guna yang dapat diimplementasikan kepada masyarakat untuk meningkatkan produksi pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan" sebutnya.

Selanjutnya Syamsuar mengatakan bahwa Siak selalu di beri kepercayaan sebagai tempat KKN oleh universitas di Riau, begitu juga di luar Riau seperti UGM, KOAS Kedokteran Sumatra dan Jawa.

"Kami berterimakasih atas kepercayaannya memilih Siak sebagai tempat pelaksanaan KKN UMRI tahun ini, memang di Siak sendiri kerap dijadikan tempat pelaksanaan kegiatan KKN ini, tak hanya Universitas yang ada di Riau saja, diluar itu juga seperti UGM, KOAS Kedokteran Sumatara dan Jawa, juga laksanakan kegiatan ini di Siak. kami mengharapkan peserta KKN nantinya juga dapat berkunjung ke objek wisata yang ada di siak" ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia Doni mengatakan, kegiatan ini setiap tahunnya diadakan, dan dipilihnya siak sebagai lokasi pelaksanaan KKN melalui proses yang panjang, dimulai dengan survei lokasi di beberapa kabupaten dan kota yang ada di provinsi riau.

"Hal ini dikarenakan bahwa kami merasa memiliki kedekatan secara emosional dengan Kabupaten Siak, dan juga dikarenakan program kerja Kabupaten Siak dapat diselaraskan dengan kegiatan KKN PPM UMRI angkatan ke 7," ujarnya.

Dilaporkannya, bahwa jumlah peserta KKN-PPM UMRI anhkatan ke 7 sebanyak 508 orang yang terbagi ke dalam 40 kelompok, 20 kelompok ditempatkan di kota pekanbaru dan 20 kelompok lagi di kabupaten siak yang tersebar di 9 kecamatan diantaranya Sungai Apit, Sabak Auh, Bunga Raya, Siak, Mempura, Dayun, Lubuk Dalam, Koto Gasib, dan Tualang. Dan untuk waktu pelaksanaan kegiatan dimulai tanggal 10 Juli s/d 21 Agustus 2017.

"Menariknya, diakhir sebelum penarikan mahasiswa KKN nantinya kami berencana akan mengadakan kegiatan seminar hasil kegiatan yang telah dilaksanakan selama KKN, dan akan dipilih kelompok yang terbaik. Kami berharap bapak bupati berkenan memberikan Bupati Siak Award untuk KKN UMRI terbaik versi Pemkab Siak," pungkasnya.

Diakhir acara diadakan diskusi tanya jawab antara peserta kepada narasumber terkait. (zul)

BERITA LAINNYA
Dua JCH Siak Gagal Berangkat ke Tanah Suci
Rabu, 26 Juli 2017 | 13:25
Pertama di Riau, Siak Launching e-Puskesmas
Selasa, 25 Juli 2017 | 20:42
Syamsuar: Bangun Daerah Butuh Suasana Kondusif
Selasa, 18 Juli 2017 | 14:00
BERIKAN KOMENTAR
Top