• Home
  • Siak
  • BKMT 10 Koto Kabupaten Tanah Datar Sapari Dakwah Ke Siak

BKMT 10 Koto Kabupaten Tanah Datar Sapari Dakwah Ke Siak

Senin, 15 Mei 2017 | 11:45
SIAK, RIAUGREEN.COM - Berangkat dan melihat sejarah di masa silam, ternyata Kabupaten Siak memiliki hubungan yang dekat dengan Kabupaten Tanah Datar Sumatra Barat, ini dibukutikan salah seorang raja Siak atau diberi nama raja kecik, Pewaris Tahta Kerajaan Johor anak dari Sultan Mahmud Syah pernah mengasingkan diri dan dibesarkan oleh keluaraga kerajaan pagaruyung.

Hal itu di ungkapkan Asisten Pemerintahan Umum Kabupaten Siak Jamaluddin, di hadapan ratusan jemaah Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) 10 Koto Kabupaten tanah datar, dalam acara kunjungan wisata religi di Mesjid Islamik Center, Sabtu (13/05/17).

Lanjut Jamal, Kesultanan Siak muncul sebagai sebuah kerajaan bahari yang kuat, karena letaknya cukup strategis yakni di pesisir timur Sumatera hingga disemenanjung Malaya , dan menjadi kekuatan yang diperhitungkan.

"Luasnya wilayah kekuasaan kesultanan siak semasa itu, meliputi dari Aceh Tamingang hingga sambah Kalimantan Timur, dan selat malaka sebagai jalur perdaganagan tersibuk semasa itu juga pernah dibawah kekuasaan kesultanan Siak" Ucap Asisten III itu

Ia menambahkan, terima kasih telah menjadikan Kabupaten Siak sebagai tujuan wisata reliji, karena Siak memiliki bangunan bersejarah dan makam keluaraga kerajaan yang cukup bersejarah.

Sementara itu Wakil Bupati 10 Koto Kabupaten Tanah Datar Zuldafri Dharma, mengatakan Safarai dakwah ini merupakan agenda rutin yang di adakan BKMT 10 Koto Kabupaten Tanah Datar setiap tahunnya.

"Selain adanya persamaan Visi dan Misi, adanya hubungan persaudaraan antara Siak dan Tanah Datar, juga menjadi alasan mengapa Siak dipilih sebagai tujuan dari rombongan sapari dakwah atau tour religiusitasnya ini," ucapnya.

Zul juga menyampaikan dalam perjalanan ini, lebih dari 300 orang dengan mengunakan 27 mobil pribadi dan bus. Dalam rombongan tersebut juga tampak hadir Kabag Humas , Kabag Umum, Ketua BKMT Kabupaten 10 Koto Tanah datar Dato Saidi Bagindo. (zul)



BERITA LAINNYA
Bupati Syamsuar Inspektur Upacara HUT RI ke 72
Kamis, 17 Agustus 2017 | 15:00
Delapan Narapidana di Siak Lansung Bebas
Kamis, 17 Agustus 2017 | 14:57
Kunjungi Danau Naga Sakti, Ini Saran Wabup Alfedri
Selasa, 15 Agustus 2017 | 11:08
Alfedri: Jangan Terpancing Isu-isu yang Tak Benar
Senin, 14 Agustus 2017 | 10:49
DMDI dan RTM Malaysia Bertandang ke Siak
Senin, 14 Agustus 2017 | 10:48
Laporan LPPD Kabupaten Siak Terbaik se Riau
Kamis, 10 Agustus 2017 | 11:01
BERIKAN KOMENTAR
Top