• Home
  • Siak
  • Sistem Irigasi Rawa di Siak Menjadi percontohan untuk Tingkat Nasional

Sistem Irigasi Rawa di Siak Menjadi percontohan untuk Tingkat Nasional

Rabu, 10 Mei 2017 | 10:30
SIAK, RIAUGREEN.COM - Direktur Jendral (Dirjen) Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mudjiadi, tinjau langsung pengairan di Kecamatan Bunga Raya, Selasa (9/5/17). Pada saat itu, ia di dampingi oleh Bupati Siak Syamsuar bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang, Perumahan Rakyat dan Pemukiman Irving Kahar.

Hal yang membuat Mudjiadi datang ke Siak adalah, Kesuksesan Kabupaten Siak dalam mengolah sistem irigasi rawa, sehingga penghasilan padi di Kabupaten Siak berbeda jauh dengan daerah yang juga masuk kedalam daerah dengan sistem irigasi rawa lainnya.

Penghasilan padi di Kabupaten Siak mencapai 7 sampai 9 ton per hektarnya, sementara secara teknis untuk daerah yang menggunakan sistem irigasi rawa hanya 4 ton per hektarnya.

Saat di jumpai seusai peninjauan, Kadis Pekerjaan Umum Tata Ruang, Perumahan Rakyat dan Pemukiman Irving Kahar mengatakan, karena keberhasilan daerah kita dalam mengolah sistem irigasi rawa, Siak kiri menjadi percontohan untuk tingkat nasional. Dan untuk sistem irigasi di Daerah Siak kita sangat di apresiasi oleh Pak Dirjen.

"Pak Mudjiadi merupakan orang yang mengonsep Siak Kiri, yakni Bunga Raya dan Daerah Paket atau Blok (A,B,C dan D) dengan luas kurang lebih 8.000 H pada tahun 1976. Sehingga dia terkejut melihat perubahan yang ada saat ini" Ucap Irving.

Lanjutnya, atas keberhasilan itu Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR memberikan bantuan pembangunan sistem irigasi Pompanisasi melalui dana APBN untuk membantu mengoptimalkan suplai air ke persawahan.

"Sekarang sistem irigasi persawahan mengandalakan suplai air dari Tasik air hitam untuk mengairi sawah, jadi kita tidak hanya mengandalkan air hujan saja" ujarnya.

Diakhir sambutannya, ia berharap semoga dengan adanya sistem irigasi pompanisai ini, akan mengoptimalkan suplai air dari tasik air hitam ke persawahan, dan semakin meningkatkan hasil padi untuk kedepannya. (zul)

BERITA LAINNYA
Dua JCH Siak Gagal Berangkat ke Tanah Suci
Rabu, 26 Juli 2017 | 13:25
Pertama di Riau, Siak Launching e-Puskesmas
Selasa, 25 Juli 2017 | 20:42
Syamsuar: Bangun Daerah Butuh Suasana Kondusif
Selasa, 18 Juli 2017 | 14:00
BERIKAN KOMENTAR
Top