• Home
  • Siak
  • Madrasah Ibtidaiyah As Sidiqiyah Gelar Wisuda Tahfidz Juz 30

Madrasah Ibtidaiyah As Sidiqiyah Gelar Wisuda Tahfidz Juz 30

Senin, 08 Mei 2017 | 12:41
SIAK, RIAUGREEN.COM - Madrasah Ibtidaiyah As Sidiqiyah (MI) Siak melaksanakan Wisuda Tahfidz Juz 30, Sabtu (6/5) pagi. Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Siak H Alfedri, Camat Siak Aditya CA, Kakan Kemenag Kabupaten Siak Muharom, Kadis Dikbud Siak Kadri Yafis, Pengawas Madrasah Ibtidaiyah, Kepala Sekolah, Ketua dan Pengurus Yayasan As Sidiqiyah dan wali murid.

Tampak ruangan aula MI itu dipadati oleh wali murid dan tamu undangan yang ingin menyaksikan, katam juz 30 angkatan pertama ini. Sejak awal sudah kelihatan, para pelajar memakai seragam toga untuk diwisuda, mereka berasal dari kelas 2 sampai kelas 5.

Menurut Kepala MI As Sidiqiyah Siak, Idris, peringatan Milad tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Pada tahun ini, akan mewisuda 45 orang anak yang telah selesa atau khatam hafalan Juz 30. Sebuah perjuangan dan usaha yang maksimal dilakukan oleh murid-muridnya.

Dijelaskan Idris, sebelumnya mereka telah melewati serangkaian Ujian Munaqasah Tahfiz, yang diuji oleh guru pembimbing hafalannya. Ujian tersebut berlangsung pada 23 Maret sampai 4 Mei 2017 lalu, yang terdiri dari 8 gelombang.

Memasuki usia yang ke 5 ini, perkembangan MI ini mulai kian muncul, dengan jumlah siswa yang awalnya dari  55 murid dan saat ini sudah berjumlah 504 orang. MI As Sidiqiyah saat ini, sudah memiliki kelas jauh yang ada di kecamatan Mempura dengan jumlah murid sebanyak 47 orang.

Sementara Wakil Bupati Siak Alfedri dalam sambutannya mengatakan, pemerintah kabupaten Siak komit untuk memajukan pendidikan bagi anak-anak Siak. Sesuai dengan salah satu misi pembangunan kabupaten Siak adalah mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, cerdas, berakhlak, beriman dan bertaqwa dan berbudaya melayu.

Oleh Karena itu kata Alfedri, usai umroh ini, Bupati Siak singgah ke Universitas King Abdul Azis di Jedah Arab Saudi, dalam rangka untuk menjalin kerjasama. Artinya, jika ada putra-putri Siak yang berprestasi dan hafal qur'an, insya Allah bisa belajar atau kuliah disana melalui program bea siswa.

Seperti diketahui, Pemkab Siak sudah melakukan kerjasama dengan sejumlah pesantren yang ada di pulau Jawa, dan mendirikan rumah tahfiz. "Ini adalah azam dari kami berdua, bersama tokoh agama dan Kemenag untuk memajukan sumber daya manusia, dan membuat ribuan generasi muda berakhlak yang hafal qur'an," ujar Wabup.

Wabup berharap, menjadikan Al Quran sebagai pegangan hidup bagi para siswa. Dengan mendekatkan diri kepada Al Quran menjadi pedoman hidup, diharapkan senantiasa mendapat hidayah dalam mengarungi kehidupan.  Kemudian suatu saat nanti anak-anak yang diwisuda hari ini hafal 30 juz dan dimasa depan dari negeri istana ini muncul ulama-ulama besar penafsir qur'an. (zul)



BERITA LAINNYA
Polres Siak Ringkus Dua Pelaku Narkotika, Satu DPO
Jumat, 17 November 2017 | 16:47
Asik Nyepong Sabu MW Diringkus, Dua Temannya Kabur
Jumat, 17 November 2017 | 16:29
140 Warga Miskin di Siak Terima Bantuan Jamban
Rabu, 15 November 2017 | 21:42
Ini Pesan Kabinda Riau untuk Kabupaten Siak
Senin, 13 November 2017 | 11:05
70 Anggota PPK Dilantik, Ini Pesan Ketua KPU Siak
Senin, 13 November 2017 | 11:05
Peringati HKN ke 53, Pemkab Siak Gelar Jalan Santai
Senin, 13 November 2017 | 10:56
Siak Bertengger di Posisi 4 Porprov Riau IX
Kamis, 09 November 2017 | 12:08
BERIKAN KOMENTAR
Top