• Home
  • Siak
  • Bupati Syamsuar Launching Kawasan Eco Tourism Hutan Mangrove Sungai Rawa

Bupati Syamsuar Launching Kawasan Eco Tourism Hutan Mangrove Sungai Rawa

Kamis, 09 Februari 2017 | 11:13
SIAK, RIAUGREEN.COM - Bupati Siak Riau H Syamsuar meresmikan serta Lounching Kawasan ECO TOURISM Hutan Mangrove Sungai Rawa yang berlokasi di Kuala Sungai Rawa Kampung Sungai Rawa Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak, Minggu (5/2/17).

Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan oleh yayasan Lingkar Pesisir Bertuah Kabupaten Siak sebagai  lembaga sosial yang bergerak dibidang lingkungan dan hutan bekerja sama dengan Pengda IKA SKMA (Sekolah Kehutanan Menengah Atas) Provinsi Riau dan Pengcab IKA SKMA Kabupaten Siak sempena kunjungan Kang andik (R.Andik Jaya Prawira, Duta Lingkungan Hidup Perwira Rimba, SKMA'64 Bogor) Bersepeda Keliling Indonesia dengan misi pelestarian lingkungan dan hutan di Indonesia yang menjumpai seluruh alumni yang tersebar di seluruh indonesia dengan jumlah sekitar 10 ribu alumni.
Kunjungan Kang Andik di Propinsi Riau merupakan Propinsi yg ke-28 dan Kabupaten Siak sebagai kabupaten ke-358 dengan telah melalui jarak tempuh 35.000 km.

Bupati Syamsuar mengatakan hutan mangrove juga dikenal sebagai hutan bakau,karena mayoritas populsi tanaman yang hidup pada hutan mangrove adalah tanaman bakau.mangrove juga memberikan banyak manfaat bagi kita semua dan lingkungan pantai.

"Untuk kita maklumi bersama,saat ini kabupaten siak telah memiliki tiga hutan mangrove lokasinya sama di pesisir kabupaten siak yaitu mangrove Mengkapan,Mangrove Rawa Mekar Jaya,dan kawasan Ekowisata Hutan mangrove Sungai Rawa yang hari ini diresmikan," ujarnya.

"Saya yakin Kawasan Ekosistem ini jika dikelola denhgan baik sebagai mana rencana pihak yayasan lingkar pesisir bertuah ini,insyaallah akan dapat kita kembangkan menjadi destinasi baru sebagai tujuan wisata alam di kabupaten siak,"kata Syamsuar.

Selain itu, dijelas olehnya,ide cemerlang ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi pengembangan pariwisata kabupaten siak kedepan.khusus nya terkait segmenytasi wisata dengan minat khusus,misalnya terkait penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan,selanjutnya pemerintah kabupaten siak melalui satuan kerja terkait akan berupaya mempromosikan keberadaan kawasan ekowisata ini agar keberadaannya dapat diketahui masyarakat luas, terang Bupati Syamsuar.

Gubernur Riau yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi dalam arahannya mengatakan sebelumnya dijadwalkan pak Gubernur Riau yang hadir, walaupun Gubernur Riau berhalangan  hadir,tapi tak mengurangi manfaat kegiatan yang begitu besar terhadap lingkungan yang bernilai kesejahteraan bagi masyarakat dan lingkungan.

Ahmad Hijazi juga mengucapkan selamat kepada Bupati Syamsuar  yang telah berhikmat turut mendukung untuk mengembangkan kegiatan ini diwilayah Kabupaten Siak. Apa lagi kegiatan tersebut merupakan pengembangan Objek Wiasata yang pada saat ini telah digencar Program Pemerintah terhadap Pariwisata.

"Kita memiliki keunggulan yang sangat baik serta trategis baik dari segala unsur peningkatan.ini merupakan suatu hal yang sangat bernilai,untuk itu bagi penggiat lingkungan telah membuktikan untuk membangun daerah kawasan ini.tentunya ini suatu pola paket wisata yang dikemas secara baik.ini merupakan suatu hal yang sangat baik dari segi pertumbuhan ekonomi baru,untuk itu perlu kita kembangkan lagi," kata Ahmad.

Selain itu menurut Ahmad Hijazi ,kebijakan insfrastruktur meupakan prioritas pemerintah  dengan 4 sektor yang dibantu,yaitu insfrastruktur,pendidikan kesehatan dan pariwisata.tentunya ini bisa memberikan pemanfaatan secara optimal dan capaiannya bisa dimaknai dalam penilaian masyarakat, untuk itu objek wisata ini harus di kemas secara baik.

"Saya berharap bisa bermafaat dalam kegiatan ini dengan kerja sama yayasan Lingkar Pesisir Bertuah,Pemerintah Daerah dan Pemerintah Provinsi maupun masyarakat.tolong ini didukung sepenuh hati dan dijaga kelestariannya serta menerima dengan baik untuk pengujung lokal maupun turis dari luar negri," pungkasnya. (infotorial/zul/hms)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top