• Home
  • Seni & Budaya
  • Peringati Hari Anak Nasional & Internasional, BPAD Propinsi Riau Taja Lomba Baca Puisi Antar SD dan SMP

Peringati Hari Anak Nasional & Internasional, BPAD Propinsi Riau Taja Lomba Baca Puisi Antar SD dan SMP

Senin, 15 Juni 2015 | 12:50:37
logo RG.
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Kalau nak menengok bebudak setingkat SD dan SMP bergaya membaca puisi, bolehlah hari ni datang ke Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Riau, Senin (15/06/15). Pembacaan puisi oleh bebudak ini dalam rangka memperingati hari anak internasional dan Nasional. Diselenggarakan oleh Darma Wanita Persatuan BPAD Provinsi Riau.

Sebagaimana yang sempat Yong Petah jengah semalam, Minggu (14/06/15). Di samping gedung BPAD, puluhan Siswa/Siswi tingkat sekolah dasar sedang melakukan glady bersih untuk pembukaan. Untuk pembukaan lomba baca puisi ini, berbagai penampilan seni pun disajikan. Dari mulai kompang, silat, tari persembahan hingga tari zapin massal. Dan semua ini dimainkan oleh bebudak yang masih bersekolah dasar se-Kota Pekanbaru.

Baiduri Yoserizal, selaku ketua pelaksana acara lomba ini, yang sedang duduk menyaksikan gladi bersih sempat pula Yong Petah tanyakan tentang helat yang akan disajikan ini.

Menurutnya, lomba baca puisi sebagai upaya memperkenalkan sastra kepada anak-anak. Oleh sebab itu, dengan memanfaatkan hari anak Internasional yang bertepatan pada tanggal 1 Juni yang lalu, dan hari anak nasional pada 23 Juli mendatang.

Untuk lomba baca puisi, ada 40 siswa tingkat Sekolah dasar dan 20 untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama. Dari berbagai sekolah yang ada di Propinsi Riau.

Memperingati hari anak yang ditaja ini, memang betul-betul menjadi pesta dan perayaan anak-anak. Hal ini dapat dilihat dari para pengisi acara untuk pembukaan helat ini. Ada 80 anak tingkat Sekolah Dasar yang telibat dalam pembukaan. Dari mulai main kompang, Tari persembahan, silat, hingga Tari Zapin Massal. Rata-rata siswa-siswi ini masih duduk dibangku kelas 3 dan kelas 4.

Semua penyaji ini merupakan hasil dari didikan sanggar Tengkah Zapin. Seperti tari Zapin Massal, merupakan hasil dari Zapin Go to School yang dibuat oleh Tengkah zapin.

Untuk lomba baca puisi setiap peserta membaca dua buah puisi. Satu puisi wajib, dan satu puisi wajib.

Puisi wajib, yang akan dibacakan sebuah puisi karya Asrul Sani yang berjudul Surat Dari Ibu. Sedangkan puisi pilihan ada empat buah puisi. Keempat puisi pilihan tersebut ada, Surat Von De Wall Kepada Raja Ali Haji karya Taufik Ikram Jamil, Bulang Cahaya Karya Rida K Liamsi, Raja Haji Fisabillah Karya Edisurlan Pe Amanriza, dan Izinkan Bulan Menyala di Pengkuanmu Karya Jefri Al Malay. (jumadi)




Editor  : Hafiz

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top