Beberapa Event Ini Masuk Kalender Riau Menyapa Dunia

Minggu, 29 Mei 2016 | 22:50
foto viva.co.id
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Arsyadjuliandi Rachman telah meluncurkan Calendar of Event Riau 2016. Acara yang berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Jakarta,
JAKARTA, RIAUGREEN.COM - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Arsyadjuliandi Rachman telah meluncurkan Calendar of Event Riau 2016. Acara yang berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, ini merupakan cara untuk mendukung target pariwisata di Provinsi Riau.

Nantinya akan ada sejumlah acara unggulan pariwisata dalam Calendar of Event Riau 2016, seperti daya tarik alam, budaya dan daya tarik wisata buatan. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pun menyambut baik adanya acara tersebut.
Menurutnya, Provinsi Riau memiliki potensi pariwisata berupa daya tarik dari budaya, alam dan buatan. Sehingga dapat menjadi sektor andalan meningkatkan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara.

"Jadi memang yang memengaruhi wisman berkunjung itu adalah event dan wisata yang disajikan itu haruslah memenuhi standar kelas dunia. Selain itu akses transportasi juga harus diperhatikan, misalnya bandara harus tingkat internasional," ujar Arief Yahya saat ditemui dikawasan Jakarta Pusat, Jumat malam, 27 Mei 2016.

Sejalan dengan hal ini, Gubernur Riau yakni Arsyajuliandi Rachman mengatakan bahwa provinsi yang disebut Bumi Lancang Kuning tidak hanya identik dengan hasil minyak bumi dan hamparan kelapa sawit tapi juga daya tarik wisatanya.

"Banyak orang beranggapan bahwa Riau terkenal dengan minyak bumi dan hamparan sawit. Namun Bumi Lancang Kuncing ini juga sedang berbenah dalam mengembangkan sektor pariwisatanya yang dapat menggerakan roda perekonomian," ujar Arsyadjuliandi Rachman saat ditemui dilokasi yang sama.

Adapun beberapa jadwal acara yang berlangsung, seperti event Bono yang akan diselenggarakan pada 4-6 November 2016 dan Tour de Siak merupakan ajang balap sepeda yang berlangsung di Kabupaten Siak Sri Indrapura pada 21-25 September 2016.
Tidak hanya itu, ada pula lomba balap perahu yakni Pacu Jalur yang berlangsung di Kabupaten Kuantan Singingi pada 24-28 Agustus 2016. Serta acara ritual Bakar Tongkang yang akan berlangsung di Bagan Siapi-api, Rokan Hilir, Riau pada 20-21 Juni 2016.

Gema Muharram pun siap gelar pada 1-2 Oktober 2016. Sementara Riau Marathon yang akan melibatkan pelari marathon berkelas dunia yang akan digelar di Pekanbaru pada  11 Desember 2016.

Selain itu terdapat sejumlah destinasi dan objek wisata yang layak dikunjungi di Provinsi Riau dan objek Wisata Bahari di Pantai Rupat di Kabupaten Bengkalis pada 14- 17 November 2016.

Hal ini seakan membuktikan bahwa sektor pariwisata Riau pada tahun 2015 lalu mendapatkan eksistensinya, di mana Riau mewakili Indonesia untuk meraih predikat The Best untuk penampilan seni dan budaya yang dilombakan pada China ASEAN Expo 12th di Nanning, China. (red/viva.co.id)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top