Ketika Dua Kabupaten Memperebutkan Gunung Kelud

Selasa, 25 Agustus 2015 | 15:39
Gunung Kelud. (foto:internet)
BLITAR, RIAUGREEN.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Blitar berharap ada solusi damai terkait sengketa rebutan Gunung Kelud dengan Pemerintah Kabupaten Kediri. Menurut Dewan dua kabupaten di Jawa Timur selatan itu belum pernah membahas penyelesaian sengketa  setelah Pengadilan Tata Usaha Negara Surabaya memutuskan bahwa Kabupaten Kediri yang berhak mengelola Gunung Kelud.

Alih-alih damai, Pemerintah Blitar malah mengajukan banding atas putusan PTUN tingkat pertama itu. Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Masykur mengatakan sikap Pemerintah Kabupaten Blitar yang terus memperjuangkan kepemilikan Kelud lewat jalur hukum adalah representasi keinginan warga. "Sebab Gunung Kelud sudah seperti harga diri bagi masyarakat Blitar," katanya kepada Tempo, Selasa 25 Agustus 2015.

Karena itu dia berharap upaya pengajuan banding ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara yang diajukan Pemerintah Blitar mendapat apresiasi majelis hakim. Sebab kepemilikan Gunung Kelud bagi warga Blitar sudah diyakini sejak turun temurun. Bahkan dalam lambang Pemerintah Kabupaten Blitar gambar gunung tersebut masuk dalam salah satu unsurnya.

Namun demikian Masykur meyakini bahwa masyarakat Blitar akan patuh pada apapun keputusan pengadilan. Jika nanti pengadilan tetap memberikan hak penguasaan Kelud kepada Kabupaten Kediri, maka segera dibahas mekanisme kerjasama pengelolaan antar daerah.

Untuk itu Pemerintah Blitar diminta melakukan komunikasi antarkepala daerah untuk menyelesaikan kemelut itu dengan damai. "Selama dalam koridor sama-sama diuntungkan saya kira baik dilakukan," katanya.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Kediri Haris Setiawan mempersilakan bila Blitar menempuh upaya banding. Namun jika nantinya keputusan pengadilan tetap memenangkan Kediri, dia berharap bisa diterima semua pihak. "Kita juga tidak menutup peluang kerjasama dengan Blitar," katanya.




editor  : Hafiz
source : tempo.co

BERITA LAINNYA
Simak, Nominasi Anugerah Pariwisata Riau 2022
Senin, 21 Maret 2022 | 13:26
Prawita GENPPARI Tumbuhkan Kampung Budaya Nusantara
Sabtu, 12 September 2020 | 10:58
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top