• Home
  • Ruang Opini
  • Asas Itikad Baik Dalam Perkembangan Ilmu Hukum Administrasi Pemerintahan

Asas Itikad Baik Dalam Perkembangan Ilmu Hukum Administrasi Pemerintahan

Rabu, 16 Desember 2020 | 13:54
Nopyandri
DALAM pelaksanaan tugas dan fungsi Badan atau Pejabat Pemerintahan, seringkali menghadapi suatu kondisi atau peristiwa kongkrit yang terjadi dalam kehidupan masyarakat (semisal terjadinya pendemik covid-19, dll) yang harus segera ditangani. Akan tetapi  di sisi lain,  peraturan yang ada tidak cukup mengatur atau tidak mengatur secara jelas terhadap persoalan tersebut. Dalam keadaan yang demikian, Pejabat Pemerintah tetap tidak boleh diam atau mendiamkan kondisi itu terjadi tanpa ada suatu upaya untuk mengatasi persoalan. 

Oleh karenanya, dengan tetap berdasar pada kewenangan yang dimiliki, Pejabat Pemerintah harus "berani" mengambil suatu keputusan atau melakukan suatu tindakan guna mengatasi dan menyelesaikan peristiwa kongkrit yang terjadi di tengah masyarakat tersebut. Dengan berpijak pada adanya kewenangan bebas yang dimiliki Pejabat Pemerintah, maka dapat diambil suatu keputusan atau dilakukannya  suatu tindakan atas dasar kemandirian menilai atas apa yang terjadi dan kemandirian memutus atas suatu keputusan berdasarkan kemandirian menilai. Keputusan atau tindakan yang dilakukan atas dasar kewenangan bebas tersebut disebut sebagai diskresi
 
Wewenang Diskresi     
Diskresi adalah  keputusan dan/atau tindakan yang ditetapkan dan/atau dilakukan oleh Pejabat Pemerintahan untuk mengatasi persoalan kongkrit yang dihadapi dalam penyelenggaraan pemerintahan dalam hal peraturan perundang-undangan  yang memberikan pilihan,  tidak mengatur,  tidak lengkap atau tidak jelas, dan/atau adanya stagnasi pemerintahan. Demikian dirumuskan Pasal 1 angka 9 UU No. 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan (UUAP) 
Diskresi atau  freies ermessen merupakan suatu asas baru dalam lapangan hukum administrasi negara, yang  timbul karena ketidakmampuan asas kegalitas dalam memenuhi tuntutan ide negara hukum materiil untuk mewujudkan kesejahteraan umum. 

Asas diskresi atau  freies ermessen juga dapat dipandang sebagai asas yang bertujuan untuk mengisi kekurangan atau melengkapi asas legalitas supaya cita-cita negara hukum materiil dapat diwujudkan. 
Ketentuan Pasal 22 ayat  (1) UU No. 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan mengatur bahwa  Diskresi hanya dapat dilakukan oleh Pejabat Pemerintahan yang berwenang. Setiap penggunaan Diskresi Pejabat 

Pemerintahan bertujuan untuk: 
a. melancarkan penyelenggaraan pemerintahan; 
b. mengisi kekosongan hukum; 
c. memberikan kepastian hukum, dan 
d. mengatasi stagnasi pemerintahan dalam kleadaan tertentu guna kemanfaatan dan kepentingan umum
Penggunaan wewenang diskresi oleh Pejabat Pemerintah tidak boleh sembarangan, sebab Pasal 24 UUAP mengatur adanya syarat-syarat untuk menggunakan diskresi, yaitu:

a. sesuai tujuan diskresi 
b. Tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
c. Sesuai dengan AUPB
d. Berdasarkan alas an-alasan yang objektif
e. Tidak menimbulkan konflik kepentingan; dan
f. Dilakukan dengan etikad baik
 
Etikad Baik

Sudikno Mertokusumo berpendapat bahwa asas hukum bukan merupakan hukum konkrit melainkan pikiran dasar yang umum dan abstrak atau merupakan latar belakang peraturan konkrit yang terdapat di dalam dan di belakang setiap sistem hukum yang terjelma dalam peraturan perundang –undangan dan putusan hakim yang merupakan hukum positif dan dapat ditemukan dengan mencari sifat–sifat atau ciri –ciri yang umum dalam peraturan konkrit tersebut.

Pada mulanya, Itikad baik merupakan asas hukum khusus yang lebih dikenal dalam bidang hukum perdata. Akan tetapi seiring perkembangan zaman yang dikuti perkembangan hukum, maka itikad baik tidak saja hanya merupakan asas hukum yang bersifat khusus yang dikenal dalam bidang hukum perdata saja namun telah menjadi asas hukum umum yang juga digunakan dalam keluarga hukum privat dan juga dalam hukum publik. Dalam bidang hukum publik, asas etikad baik telah dijadikan sebagai salah satu asas hukum, di antaranya adalah dalam UUAP 
Memperhatikan syarat-syarat penggunaan diskresi dalam UUAP, yang paling menarik adalah dimuatnya asas etikad baik, dan penekanan bahwa harus  dilakukan dengan etikad baik. 

Dalam Penjelasan Pasal 24 huruf f UUAP dinyatakan bahwa  yang dimaksud dilakukan dengan etikad baik adalah  didasarkan atas motif kejujuran dan berdasarkan Asas-asas Umum Pemerintahan yang Baik (AUPB).
Artinya, dalam menggunakan wewenang diskresi, Pejabat Pemerintah harus secara jujur dapat menjelaskan untuk apa dan dalam rangka apa wewenang diskresi itu dilakukan. Parameternya adalah kesesuaian dengan tujuan diskresi sebagaimana diatur dalam Pasal 22 UUAP. 

Dan dalam pelaksanaanya, wewenang diskresi harus digunakan dengan memperhatikan asas-asas umum pemerintahan yang baik yang elemen-elemennya juga dirumuskan dalam UUAP. 

Dalam KUH Perdata, istilah Itikad baik dapat dimaknai dalam dua pengertian, yaitu itikad baik dalam pengertian subjektif dan itikad baik dalam pengertian objektif.  Menurut Siti Ismijati Jenie (2007),  iktikad baik dalam pengertian subjektif yaitu kejujuran. Itikad baik dalam arti subjektif  merupakan sikap batin  atau suasana jiwa.[1]  dan itikad baik dalam pengertian objektif, yang bermakna kepatutan.

Makna etikad baik dalam UUAP sebagaimana dijelaskan dalam Penjelasan Pasal 24 huruf f, yaitu keputusan dan/atau tindakan yang ditetapkan dan/atau dilakukan didasarkan atas motif kejujuran dan berdasarkan AUPB. Dengan batasan ini, maka makna itikad baik dalam UU No. 30 Tahun 2014 merupakan pengertian dalam arti subjektif sebagaimana batasan etikad baik menurut KUHPerdata.

Makna etikad baik  dalam UUAP berkesesuaian dengan makna etikad baik dalam arti subjektif dalam KUH Perdata. Artinya, dalam melakukan diskresi, selain memperhatikan syarat-syarat lainnya, pejabat pemerintah harus memastikan bahwa keputusan atau tindakan yang dilakukan tersebut secara jujur memang sesuai dengan substansi, tujuan, dan prosedur sebagaimana diatur dalam UUAP. 
 
Penutup
Asas etikad baik sebagai syarat terakhir dari syarat yang disebutkan dalam Pasal 24 UUAP, dapat menjadi alat uji  apakah terjadi penyalahgunaan wewenang atau tidak, dalam pelaksanaan diskresi   oleh Pejabat Pemerintahan.

Penggunaan diskresi yang tidak sesuai dengan tujuan diskresi dan lingkup wewenang diskresi dapat berujung pada terjadinya suatu keadaan berupa penyalahgunaan wewenang, yang dapat membawa resiko hukum Pejabat Pemerintahan yang bersangkutan berurusan dengan hukum dan bahkan dipenjara.

Akan tetapi, apabila Pejabat Pemerintah yang menggunakan wewenang diskresinya dapat membuktikan bahwa keputusan atau tindakan yang dilakukan adalah sesuai dengan ketentuan penggunaan wewenang diskresi dan memenuhi syarat penggunaan diskresi maka yang bersangkutan tentu dapat lepas dari sangkaan hukum. Lebih-lebih jika yang bersangkutan dapat memastikan bahwa diskresi yang dilakukannya adalah berdasarkan etikad baik, sebagaimana maksud Pasal 22 UUAP

Ditulis oleh : Nopyandri (nopyandri@unja.ac.id) 
Mahasiswa Program Doktor Hukum Universitas Jambi (NIM P3B120006)
Mata Kuliah Filsafat Ilmu
Dosen Pengampu Prof. Dr. Elita Rahmi, SH. MHum
 
[1] Periksa : Siti Ismijati Jenie, Iyikad Baik, Perkembangan Dari Asas Hukum Khusus Menjadi Asas Hukum Umum di Indonesia. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar UGM tanggal 10 September 2007, tidak dipublikasikan, hlm. 4


BERITA LAINNYA
Menaikkan Insentif Fiskal untuk Pengendalian Inflasi
Jumat, 15 September 2023 | 17:20
Belajar Menjadi Guru Biologi yang Interaktif
Rabu, 12 Oktober 2022 | 13:39
Korupsi Dana Bansos di Masa COVID-19
Jumat, 17 Juni 2022 | 22:43
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top