Mari Bangun Monas di Kota Dumai

Senin, 12 Oktober 2020 | 23:48
Foto seputar dumai

TELAH beroperasinya Tol Permai (Pekanbaru-Dumai) menjadikan kota Dumai kian strategis, sejak beroperasinya tol pada 26 September lalu, memicu antusiasme pengunjung untuk mendatangi kota berpenduduk sekitar 308.812 jiwa ini.

Tercatat sampai saat ini total 174.089 lalu lintas kendaraan yang sudah melintas di Tol Pekanbaru-Dumai sejak mulai dibuka kepada masyarakat, dengan rata-rata 6.000 Kendaraan melewati Jalan Tol Permai setiap hari.

Terlebih di hari weekend, seperti Sabtu 3 Oktober lalu, akses menuju pantai koneng dan deretan pantai lainnya yang berlokasi di teluk makmur penuh oleh pengunjung,  begitu juga dengan hutan wisata mangrove, pengunjung rata-rata berasal dari pekanbaru, dan wisatawan lokal lainnya dari berbagai penjuru Riau.

Fenomena ini menunjukkan bahwa dunia pariwisata sudah menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat lokal dan industri ini tak akan pernah lekang oleh waktu. Terlebih lagi kehadiran jalan tol Permai, menjadikan Dumai sangat mudah diakses, terutama bagi wisatawan-wistawan lokal dari Pekanbaru, Siak, Duri, dll, bahkan dari luar kota lintas provinsi.

Dulu pengunjung dari Pekanbaru harus berpikir dua kali untuk berwisata ke Kota Dumai karena jarak tempuhnya lebih kurang selama 5 jam, ditambah perjalanan yang melelahkan melewati lalu lintas kenderaan berat, kini hanya dengan sekitar 1,5-2 Jam, perjalanan yang bebas stres, serta tanpa membuat harus menginap, tentunya semakin mengurangi budget perjalanan wisata mereka.

Oleh sebab itu, Fenomena-fenomena ini jangan dilewatkan begitu saja, pemerintah setempat harus berbenah diri untuk menata kota ini lebih cantik, industri pariwisata dan infrastuktur adalah senyawa yang selalu beriringan, jika infrastuktur jalan-jalan kota maupun jalan-jalan menuju lokasi parisiwata lancar dan mulus, hal tersebut tentunya akan semakin mendongkrak keinginan wisatawan untuk kembali berkunjung ke kota ini.

Pemko Dumai harus menciptakan pemikiran-pemikiran yang revolusioner dan inovatif dalam memajukan sektor pariwisata, jika perlu membangun 'landmark' baru di Kota Dumai, seperti tugu monas yang sudah menjadi landmark Jakarta, Jam begadang yang menjadi landmark Sumatera Barat, atau seperti landmark-landmark lainnya di berbagai Kota di Indonesia.

Saya tidak bisa membayangkan, Alangkah indahnya jika dapat melihat bentangan kota dumai dari atas, pemandangan pabrik-pabrik yang beroperasi di tepi laut, dan pelabuhan-pelabuhannya yang jadi motor penggerak ekonomi Riau.

Warga Dumai, harus pula mengerti, bahwa Pendapatan usaha Pelabuhan Dumai sampai dengan Juli tahun ini 2020 sebesar Rp 324,16 miliar, dengan salah satu bisnis unggulan di Pelabuhan Dumai yakni marine services baik di pelabuhan umum, maupun di tersus/TUKS seperti: Kawasan Industri Dumai (KID), Lubuk Gaung, dan Pertamina. Selain marine services, layanan unggulan di Pelabuhan Dumai yaitu layanan bongkar muat curah cair dan curah kering, Pelabuhan ini juga merupakan salah satu pelabuhan dengan terminal curah cair terbesar di Indonesia. (Kontan). Dan yang terpenting, ketika Wisata Pulau Rupat dibenahi, salah satu pintu masuknya adalah Dumai. Pulau Rupat sendiri memiliki pantai yang indah tak kalah dari Bali, jika dibenahi pantai ini akan menarik wisatawan-wistawan yang berasal dari mancanegara.

Kembali pada judul saya diatas, Monas yang saya maksud adalah hanya sebagai kiasan, intinya Dumai butuh sebuah landmark baru yang benar-benar wah, disamping sebagai destinasi wisata baru, juga dapat berfungsi sebagai simbol budaya di negeri Melayu. (R1)


Opini singkat: Erwansyah


Loading...
BERITA LAINNYA
Mari Bangun Monas di Kota Dumai
Senin, 12 Oktober 2020 | 23:48
Idul Adha, Berkorban Dalam Ketaatan
Jumat, 31 Juli 2020 | 16:10
Pentingnya Etika Bisnis Saat New Normal
Sabtu, 27 Juni 2020 | 10:27
Pentingnya Aturan Etika Saat Pandemi Covid-19
Kamis, 25 Juni 2020 | 13:16
Pandangan Islam Terhadap Korupsi
Selasa, 23 Juni 2020 | 13:34
Riba VS Penyelewengan Dana Covid-19
Kamis, 04 Juni 2020 | 08:16
Kesadaran Penting Kebenaran akan Komunikasi
Selasa, 02 Juni 2020 | 09:50
BERIKAN KOMENTAR
Top