Pentingnya Etika Bisnis Saat New Normal

Oleh: M Arief*
Sabtu, 27 Juni 2020 | 10:27
foto int
AKHIR Tahun 2019 dunia di hebohkan dengan penemuan wabah baru yang di beri nama yaitu  corona virus disease 2019 ( covid19 ), dimana penularannya sangat cepat sehingga awal 2020 covid19 ini sudah menyebar kebebrapa negara di asia mau pun eropa. Sedangkan di Indonesia kasus covid19 pertama kali yang terjadi di Tanah Air menimpa dua warga Depok, Jawa Barat. Hal ini diumumkan langsung Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).Keduanya diduga tertular virus corona karena kontak dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia. Setelah beberapa hari sejak pengumuman kasus positif covid19 kasus positif covid19 di tanah air pun sering bertambah setiap harinya, sehingga pemerintah menerap kan psbb selama kurang lebih 2 bulan.

Dari sektor ekonomi sangat terasa dampakpsbb ini mulai dari turunya daya beli masyarakat, di tutupnya tempat pariwisata, kemudian mulai di tutupnya beberapa perusahaan karena pendapatan yang di peroleh turun drastis sehingga karyawan di rumahkan. Di Pekanbaru khususnya banyak masyarakatnya yang bergantung pada perusahaan harus dirumahkan bahkan sampai ada yang di PHK karena perusahaan yang tak sanggup membayar gaji  karyawan akibat pendapatan yang menurun drastis. karyawan yang dirumahkan atau di PHK ini mulai memutar otak untuk mencari pekerjaan lainnya untuk tetap memenuhi kebutuhan pokonya salah satunya dengan membuka bisnis, yang paling sering kita jumpai yaitu banyak yang menjual makanan maupun minuman, mulai dari berjualan online lewat sosial media, membuka toko didepan rumah, berjualan keliling dan ada juga yang berjualan dipinggir jalan raya. Produk yang dijual bermacam macam, ada yang pintar bikin kue mereka akan menjual kue yang sering mereka lihat di youtube , ada juga yang menjual mimuman seperti  takjil mengingat saat ini merupakan bulan puasa, bahkan di jalan raya sering kita jumpai masyarakat yang menjual durian, pisang , manggis dan masih banyak lagi yang dimana buah-buahan ini merupakan hasil kebun di kampung mereka.

Kemudian setelah psbb  selesai Memasuki tatanan New Normal tantangan perusahaan dalam menegakkan etika bisnis akan meningkat, mengingat telah terjadi penambahan peraturan dengan memperhatikan protokol kesehatan.Etika bisnis adalah istilah yang lebih luas yang mencakup banyak sub etika lain yang relevan dengan bidangnya masing-masing. Misalnya ada etika pemasaran untuk pemasaran, etika SDM untuk departemen sumber daya manusia dan sejenisnya. Etika bisnis itu sendiri adalah bagian dari etika terapan, yang menangani pertanyaan etis dalam etika teknis, sosial, hukum, dan bisnis. Yang membuat etika bisnis itu penting terlebih lagi pada saat ne normal adalah :

Memiliki Citra Baik di Mata Pelanggan

Citra atau gambaran yang baik mengenai hasil hubungan perusahaan dengan pelanggan akan melekat pada perusahaan sebagai prestasi. Prestasi ini akan dikenal oleh masyarakat umum dan calon pelanggan lainnya sebagai pertimbangan yang menguntungkan. Manfaat dari etika bisnis salah satunya adalah untuk memperbaiki citra perusahaan ini. Oleh karena itu, perusahaan yang menerapkan etika bisnis umumnya akan memiliki citra yang terus membaik dan pelanggan yang terus bertambah. Perusahaan pun kemudian dapat berkembang dan mencapai target dengan sukses.

Perusahaan Menjadi Tepercaya

Perusahaan yang menerapkan etika bisnis akan mendapatkan manfaat berupa kepercayaan dari pelanggannya. Manfaat dari etika bisnis akan menunjukkan perusahaan memiliki kejujuran dan tidak akan membohongi pelanggan. Kepercayaan pelanggan pada perusahaan pun menjadi semakin meningkat karena perusahaan dinilai sangat loyal dalam melakukan bisnis dengan pelanggan. Lebih lanjut, pelanggan pun akan merekomendasikan hasil bisnis dengan perusahaan yang baik kepada orang lain agar juga memercayakan kebutuhannya pada perusahaan Anda.

Memaksimalkan Keuntungan

Pelanggan yang percaya pada kinerja perusahaan kemudian akan menghasilkan keuntungan yang lebih maksimal. Hal ini disebabkan perusahaan telah menerapkan etika bisnis dan pelanggan telah menaruh kepercayaan penuh pada kinerja perusahaan. Masalah-masalah yang umumnya menyebabkan keuangan menjadi terpakai untuk penyelesaian masalah dapat teratasi, keuntungan pun menjadi lebih maksimal untuk didapatkan.

Memerhatikan Kepentingan Bersama

Terlaksananya etika bisnis dalam perusahaan akan menyebabkan kepentingan bersama lebih didahulukan dari pada kepentingan individu atau golongan. Hal ini adalah salah satu manfaat dari etika bisnis yang paling besar, yang mungkin tidak akan pernah dimiliki suatu perusahaan jika tidak menerapkan etika bisnis secara permanen. Kepentingan individu atau golongan tertentu dalam suatu perusahaan seringkali menjadi fokus utama, hal ini merupakan kebiasaan buruk yang harusnya ditinggalkan karena perusahaan bukan hanya berjalan untuk memenuhi keinginan dari petingginya tetapi juga kebutuhan seluruh karyawannya. Oleh karena itu, terapkanlah etika bisnis dan bangunlah perusahaan yang lebih memerhatikan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan individu.

Menjunjung Nilai Moral

Etika bisnis tentu erat kaitannya dengan nilai moral yang melandasi agar suatu etika dapat terlaksana. Terciptanya perilaku yang menjunjung nilai moral oleh karyawan dalam perusahaan tentu merupakan keunggulan yang sangat baik untuk perusahaan itu sendiri. Karyawan dapat menjadi lebih akrab satu sama lain dan lebih sopan santun dalam bertutur kata serta bercengkerama. Nilai moral tersebut akan membuat perusahaan menjadi lebih unggul.
 
Itulah beberapa manfaat dari etika bisnis yang dapat diperoleh suatu perusahaan. Memag begitu penting arti etika bisnis untuk keberlangsungan sebuah perusahaan. Sebagai pelaku bisnis harus memiliki etika bisnis dan tanggung jawab dalam menjalankan bisnisnya. Untuk itu pelaku bisnis dapat mulai mempelajari etika bisnis dan cara menumbuhkan adanya etika saat berbisnis. Harapannya saat meraih kesuksesan bukan menjadi persoalan yang begitu berat.

Selain menjalankan etika bisnis, perusahaan juga perlu membuat laporan keuangan yang baik untuk membangun bisnis yang sukses. Laporan keuangan dapat dibuat secara instan dengan software akuntansi online Jurnal. Dengan menggunakan Jurnal, Anda dapat lebih mudah mengelola keuangan perusahaan hingga membuat analisa keuangan perusahaan.

* Penulis adalah Mahasiswa akuntansi universitas Muhammadiyah Riau

Loading...
BERITA LAINNYA
Idul Adha, Berkorban Dalam Ketaatan
Jumat, 31 Juli 2020 | 16:10
Pentingnya Etika Bisnis Saat New Normal
Sabtu, 27 Juni 2020 | 10:27
Pentingnya Aturan Etika Saat Pandemi Covid-19
Kamis, 25 Juni 2020 | 13:16
Pandangan Islam Terhadap Korupsi
Selasa, 23 Juni 2020 | 13:34
Riba VS Penyelewengan Dana Covid-19
Kamis, 04 Juni 2020 | 08:16
Kesadaran Penting Kebenaran akan Komunikasi
Selasa, 02 Juni 2020 | 09:50
BERIKAN KOMENTAR
Top