• Home
  • Ruang Opini
  • Dampak Etika Bisnis di Tengah Wabah Covid-19 yang Terjadi di Indonesia

Dampak Etika Bisnis di Tengah Wabah Covid-19 yang Terjadi di Indonesia

Oleh: Helvia Rahayu dan Nursyaibah Eka Putri*
Sabtu, 27 Juni 2020 | 10:25
foto int
DUNIA sedang dihebohkan dengan munculnya Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang mucul pada akhir Desember 2019 dengan membawa dampak signifikan pada perubahan perekonomian dunia. Mulai dari aspek ekonomi dan bisnis, hingga kehidupan sehari-hari, hampir tak ada yang bisa berkelit dari kemunculan virus Covid-19 ini. Wabah ini telah mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia.Saat ini semakin sedikit orang yang bepergian keluar rumah sejak pemerintah menganjurkan untuk melakukan segala aktivitas dari rumah saja.

Tentu ada banyak hal yang mempengaruhi bisnis di masa seperti ini.Salah satu penyebabnya adalah konsumen jadi jarang keluar rumah, hanya belanja seperlunya, dan melakukan berbagai transaksi via online. Selain itu, pembatasan sosial pun menyebabkan berbagai aktivitas bisnis mesti dilakukan secara jarak jauh.Sehingga, banyak pekerja yang harus untuk bekerja dari rumah (work from home).

Etika Bisnis adalah cara untuk melakukan kegiatan bisnis meliputi seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan masyarakat.
Dalam dunia bisnis yang sedang terjadi dengan wabah corona peran Etika bisnis sangatlah penting.Dimana etika bisnis bertujuan untuk membantu seorang pengusaha dalam menentukan keputusan yang tepat dalam berbisnis di situasi sekarang ini.Etika bisnis juga bertujuan untuk mendorong kesadaran moral bagi para pembisnis.

Berikut merupakan Dampak virus corona terhadap kelangsungan bisnis :

1. Beberapa Sektor Bisnis Menjadi Lesu

Hampir semua bisnis merasakan dampak wabah virus corona yangtelah menyebabkan banyak sektor menjadi terpuruk, mengalami penurunan pendapatan, dan bahkan terhenti untuk sementara waktu. Tapi ada beberapa sektor bisnis yang paling merasakan pengaruhnya antara lain Industri perhotelan, industri pariwisata, Industri Retail.

2. Konsumen Mulai Beralih ke Transaksi Online

Semakin banyak masyarakat menggunakan pembayaran non-tunai untuk mencegah penyebaran virus corona dengan melakukan transaksi digital.Contohnya, Bank BCA dan Bank Mandiri.

3. Ancaman PHK besar-besaran

Virus corona atau Covid-19 menimbulkan beragam dampak negatif terhadap keberlangsungan usaha bisnis salah satunya yaituancaman PHK besar-besaran bagi karyawan yang bekerja disektor bisnis.

4. Memperlambat atau laju pertumbuhan starup.
Membuat para investor suatu bisnis ragu untuk menyuntikkan dananya kepada perusahaan- perusahaan starup yang dinilai omset dan kinerja nya menjadi menurun dan tidak tercapainya suatu target bisnis.

5. Berubahnya Prilaku Konsumen.

Ditengah wabah covid ini mengubah perilaku konsumen di berbagai sektor bisnis, dimana pandemi ini mengancam kebutuhan dasar manusia yaitu keamanan diri sendiri sehingga konsumen saling menyelamatkan diri dengan cara memiliki stok makanan,  dengan cara yang berlebihan dan menimbun beberapa yg dibutuhkan pada saat pandemi ini seperti, sanitaizer dan masker.

6. Penurunan Aktivitas jual beli.

Wabah virus ini juga dirasakan oleh pelaku UMKM dimana mereka merasa kehilangan pelanggan pada suatu bisnis yang dijalankan dan besarnya dampak  penurunan penjualan akibat beberapa kebijakan yang ditetapkan oleh pemeritah demi memutuskan mata rantai penyebaran covid 19 ini.

7. Terjadinya supply shock dan demand shock secara bersamaan
Pada saat pandemi ini semua berjalan tidak jelas, sistem informasi dan globalisasi sangat menurun sehingga menjadikan kondisi ekonomi dan kondisi bisnis di indonesia maupun di dunia juga menurun.

Akhirnya tekanan yang timbul akibat Covid yang melanda ditengah bisnis tersebut adalah pengusaha merasakan dampak dalam etika bisnis yang terjadi.Seperti namanya, etika bisnis membahas mengenai perilaku baik atau buruk serta salah atau benar yang terjadi dalam konteks bisnis.Dan Selain itu etika bisnis juga memberikan batasan pada keputusan yang diambil oleh para pengusaha.

*Penulis adalahMahasiswa Universitas Muhammadyah Riau, Jurusan Akuntansi.


Loading...
BERITA LAINNYA
Idul Adha, Berkorban Dalam Ketaatan
Jumat, 31 Juli 2020 | 16:10
Pentingnya Etika Bisnis Saat New Normal
Sabtu, 27 Juni 2020 | 10:27
Pentingnya Aturan Etika Saat Pandemi Covid-19
Kamis, 25 Juni 2020 | 13:16
Pandangan Islam Terhadap Korupsi
Selasa, 23 Juni 2020 | 13:34
Riba VS Penyelewengan Dana Covid-19
Kamis, 04 Juni 2020 | 08:16
Kesadaran Penting Kebenaran akan Komunikasi
Selasa, 02 Juni 2020 | 09:50
BERIKAN KOMENTAR
Top