• Home
  • Ruang Opini
  • Pemilu Kali Ini Tidak Seru Seperti Pemilu-Pemilu Sebelumnya

Pemilu Kali Ini Tidak Seru Seperti Pemilu-Pemilu Sebelumnya

Oleh: Imelia Erdimanda
Senin, 25 Maret 2019 | 21:43
Imelia Erdimanda
OPINI saya tentang pemilu yang akan dilaksankan pada bulan april tahun ini sepertinya pemilu kali ini tidak seru seperti pemilu-pemilu sebelumnya.

Kenapa demikian, hal ini dikarenakan para pelaku politik baik caleg maupun capres dan cawapres tidak menjual program atau gagasan-gagasan yang dapat membuat pemilih bisa memilih salah satu dari mereka, yang ditonjolkan dari pemilu kali ini hanya ketakutan-ketakutan yang menyudutkan musuh atau lawan politiknya masing-masing.

Sehingga membuat kebanyakan pemilih yang akan saya prediksi jika tidak ada perubahan cara kampanye sebelum pemilu berlangsung maka pemilih akan lebih memilih untuk golput dikarenakan tidak adanya program unggulan yang diberikan saat kampanye dari pihak-pihak yang terlibat dalam politik pada pemilu 2019 kali ini.

Kemudian pandangan saya tentang pemilu tidak hanya pemilu kali ini melainkan setiap kali dilaksankannya pemilu khususnya pemilu caleg DPRD dan DPR RI, terlalu banyak calon yang mengikuti atau mendaftar sebagai calon legislatif sehingga semua program yang diberikan rata-rata hampir sama satu dengan yang lainnya.

Yang mana, hal ini membuat para calon pemilih nantinya memilih berdasarkan kenal atau tidaknya dengan calon legislatif tersebut atau bahkan malah memilih berdasarkan siapa yang saat kampanye memberikan bantuan atau iming-iming seperti uang dan sembako paling banyak bukan berdasarkan program kerja yang disusun sedemikian rupa.

Akan tetapi juga yang selalu menjadi kendala ialah pemilih-pemilih yang tingkat pendidikannya rendah masih sangat banyak di Indonesia ini. Hal ini yang membuat para calon legislatif memanfaatkan situasi dengan melakukan kampanye uang kepada para pemilih yang tingkat pendidikanya rendah.

Sehingga jikalau para calon legislatif ini menyiapkan program kerja dan janji-janji maka hal itu hanya bualan yang nantinya belum tentu akan terealisasi. Sangat banyak memang kekurangan dalam hal pemilu di Indonesia menurut pandangan saya.

Namun demikian, saya tetap yakin masih ada peserta-peserta pemilu yang mempunyai daya juang untuk mensejahterakan rakyat serta membangun Indonesia menjadi lebih baik sehingga, saya akan berusaha semampu saya untuk menyukseskan pemilu tahun 2019 ini serta pemilu-pemilu berikut yang akan datang.

Penulis : Imelia Erdimanda
Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Riau, Program Kekhususan Hukum Tata Negara


Loading...
BERITA LAINNYA
KPK, Prestasi atau Imaginasi ?
Kamis, 10 Oktober 2019 | 15:31
Meraba Wajah Baru: Saudara Tiri DPR
Kamis, 12 September 2019 | 09:29
Sawit Potensi & Problematika Ibu Pertiwi
Minggu, 21 April 2019 | 09:58
Yuk, Gotong Royong 10K Bangun Asrama Gratis
Senin, 15 April 2019 | 18:04
Lika-liku Bisni Jasa Titip (Jastip)
Senin, 15 April 2019 | 18:02
Politik Identitas, Millenial Cerdas
Jumat, 29 Maret 2019 | 16:37
BERIKAN KOMENTAR
Top